Penguraian Botol Plastik Butuh Ratusan Tahun

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 25 Mei 2020 04:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 24 320 2219020 penguraian-botol-plastik-butuh-ratusan-tahun-fnBwUfhotr.jpg Kurangi Penggunaan Kantong Plastik. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Masyarakat harus terus diedukasi soal penggunaan botol plastik dan barang-barang lain yang dapat mencemari lingkungan. Sebab, botol plastik dan lainnya memiliki masa pengurai yang sangat lama bahkan beratus-ratus tahun.

Botol plastik itu memerlukan masa penguraian selama 450 tahun. Kemudian plastic beverage holder memerlukan masa penguraian selama 400 tahun.

Lalu cup plastik memerlukan masa penguraian selama 50 tahun. Kantong plastik memerlukan masa penguraian selama 1-20 tahun.

Melihat data tersebut, tidak henti-hentinya pemerintah untuk selalu mengimbau masyarakat untuk mengurangi penggunaan barang-barang yang berplastik.

"Mimin ga bosen-bosen ngajak #tiimmarves untuk yuk ganti botol plastik dengan tumbler. Selain mengurangi sampah, juga lebih jelas kebersihannya karena kan pasti kalian cuci dahulu sebelum digunakan," tulis Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves).

Baca Selengkapnya: Penguraian Sampah Botol Plastik Butuh Waktu 450 Tahun

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini