Bayar Angsuran di Tengah Pandemi, Adakah Keringanan?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 25 Mei 2020 16:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 25 320 2219261 bayar-angsuran-di-tengah-pandemi-adakah-keringanan-gebugjoa0q.jpg Membayar angsuran (Foto: Freepik)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai menimbulkan dampak besar bagi sektor ekonomi di Indonesia. Banyak perusahan yang kesulitan menjalankan bisnisnya terpaksa memutuskan hubungan kerja dengan para karyawan.

Di sisi lain, para karyawan tetap membutuhkan penghasilan guna meneruskan kelangsungan hidup agar tetap berjalan. Terlebih, sebagian dari mereka tentunya memiliki berbagai cicilan yang harus tetap dibayarkan seperti cicilan rumah, kendaraan, asuransi kesehatan.

 membayar angsuran

Lalu bagaimana cara mengatasi situasi sulit seperti ini?

Pakar Keuangan Agustina Fitria mengatakan, pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan mengenai skema pembayaran angsuran kredit.

 Baca juga: Pemerintah Tangguhkan Angsuran Kredit untuk Proyek Energi Terbarukan

"Kalau untuk pembayaran pajak kendaraan sih setau saya bisa dibayar setelah masa PSBB berakhir dan tidak akan dikenai denda," ujar Fitria belum lama ini.

Fitria mengatakan, jika angsuran yang harus dibayarkan adalah premi asuransi kesehatan, Anda bisa mengkomunikasikan hal ini dengan pihak perusahaan asuransi tersebut.

 Baca juga: Relaksasi KUR, Nasabah Bebas Angsuran 6 Bulan

"Coba tanyakan, apakah pembayaran bisa ditunda? Bagaimana kebijaksanaannya? Berapa besaran bunga jika pembayaran telat dilakukan?" papar Fitria.

(DRM)

1
1
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini