Hadapi New Normal, Perusahaan Perlu Kampanyekan PHBS di Tempat Kerja

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 25 Mei 2020 16:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 25 320 2219343 hadapi-new-normal-perusahaan-perlu-kampanyekan-phbs-di-tempat-kerja-svNjjV7Hot.jpg

JAKARTA - Pandemi Covid-19 terus berlangsung di Tanah Air. Banyak perusahaan yang tutup dan bangkrut akibat badai pandemi ini.

Oleh karena itu roda ekonomi harus terus berjalan supaya masyarakat tetap memiliki pendapatan. Pemerintah akan mengizinkan perusahaan, bisnis, perkantoran buka lagi di era new normal dengan panduan khusus.

Kementerian Kesehatan RI telah menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

 cuci tangan

Salah satu panduannya adalah mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melalui Pola Hidup Sehat dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tempat kerja sebagai berikut.

1. Mendorong pekerja mencuci tangan saat tiba di tempat kerja, sebelum makan, setelah kontak dengan pelanggan/pertemuan dengan orang lain, setelah dari kamar mandi, setelah memegang benda yang kemungkinan terkontaminasi.

 Baca juga: Aturan Kerja New Normal, Jarak Antar-pekerja Minimal 1 Meter

2. Membudayakan etika batuk dengan tutup mulut dan hidung dengan lengan atas bagian dalam, dan jika menggunakan tisu untuk menutup batuk dan pilek. Lalu buang tisu bekas ke tempat sampah yang tertutup dan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelahnya.

3. Olahraga bersama sebelum kerja dengan tetap menjaga jarak aman, dan anjuran berjemur matahari saat jam istirahat.

 Baca juga: Cegah Penularan Covid-19 di Tempat Kerja, Ini Caranya

4. Makan makanan dengan gizi seimbang

(DRM)

1
1
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini