Pertamina Targetkan Kilang Minyak Tuban Beroperasi 2026

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 28 Mei 2020 20:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 28 320 2220846 pertamina-targetkan-kilang-minyak-tuban-beroperasi-2026-y2YVwdQguU.jpg Kilang Minyak (Reuters)

JAKARTA - PT Pertamina menargetkan proyek pembangunan kompleks kilang minyak dan petrokimia di Tuban, Jawa Timur selesai sesuai yang diharapkan. Di mana, proyek tersebut ditargetkan beroperasi pada 2026.

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia (MP2) Pertamina Ignatius Tallulembang menyatakan bahwa Grass Root Refinery (GRR) Tuban adalah salah satu proyek yang menjadi prioritas untuk segera diselesaikan. Pertamina dan Rosneft bahkan telah menandatangani kontrak desain Kilang Tuban dengan kontraktor terpilih pada Oktober 2019 yang lalu.

 Baca juga: Sempat Mangkrak, Kini Pembebasan Lahan Kilang Minyak Pertamina-Rosneft Hampir Rampung

“Dengan dukungan semua pihak, pembangunan kilang diharapkan berjalan lancar dan selesai sesuai waktu yang ditargetkan," ujarnya dalam keterangan persnya, Jakarta, Kamis (28/5/2020).

Saat ini, Basic Engineering Design (BED) dan Front End Engineering Design (FEED) tengah berjalan. Oleh sebab itu, kejar target pun tetap berjalan.

 Baca juga: Menhub Beri Izin Pertamina untuk Restorasi di Tuban

"Sehingga kita bisa berdaulat secara energi,” ujarnya.

Direktur Promosi Sektoral BKPM Imam Soejoedi mengatakan, proyek ini memiliki nilai investasinya yang besar mencapai Rp211,9 triliun. Keberhasilan proyek ini akan memberikan manfaat sangat besar bagi anak bangsa. Oleh karena itu, pihaknya mewajibkan untuk dikawal.

"Targetnya 2026 sudah bisa beroperasi,” ujarnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini