Ini 2 Kekuatan yang Bisa Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Menurut Erick Thohir

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 28 Mei 2020 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 28 320 2221100 ini-2-kekuatan-yang-bisa-dongkrak-pertumbuhan-ekonomi-menurut-erick-thohir-VN7QHcoyb5.jpg Pertumbuhan ekonomi (FotoL Travelctm)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir masih optimistis jika pertumbuhan ekonomi Indonesia akan melonjak pasca-pandemi virus corona. Apalagi Indonesia menyimpan dua kekuatan yang bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Kelebihan yang pertama, terang Erick, adalah kelebihan pada jumlah penduduknya. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara dengan penduduk terbesar di dunia setelah China dan India.

Hal yang lebih spesialnya, penduduk Indonesia ini sebagian besar berusia produktif sehingga, ini bisa menjadi kekuatan bagi Indonesia untuk mendongkrak angka pertumbuhan ekonominya.

 Erick Thohir

"Kita ketahui bahwa banyak pakar ekonomi sendiri menilai ada beberapa kekuatan Indonesia ke depan yaitu satu di jumlah penduduknya sehingga marketnya besar," ujarnya di Kantor Kementerian BUMN, Kamis (28/5/2020).

 Baca juga: Erick Thohir Sebut Hanya 10% Kinerja Perusahaan BUMN Tahan Covid-19

Banyaknya jumlah penduduk Indonesia juga bisa menjadi peluang besar bagi perdagangan ke depan. Apalagi jika produk-produk Indonesia memiliki daya saing yang tinggi.

"Jadi ini mustinya menjadi kekuatan ke depan untuk trade dagang jadi kita bukan market pasar," kata Erick.

 Baca juga: Tahap Pertama New Normal, Erick Thohir Latih BUMN agar Tak Blunder

Mantan Bos Inter Milan ini menyebut kelebihan Indonesia lainnya adalah ada pada sumber daya alam (SDA). Harus diakui, kekayaan alam Indonesia masih menjadi salah satu sumber pemasukan negara yang cukup besar.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini