7 Ruas Tol Siap Diresmikan hingga Akhir Tahun meski Ada Covid-19

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 29 Mei 2020 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 29 320 2221502 7-ruas-tol-siap-diresmikan-hingga-akhir-tahun-meski-ada-covid-19-ASNrCtamYc.jpg Penampakan Tol Balikpapan-Samarinda (Foto: Dok Jasa Marga)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) memastikan pengerjaan proyek infrastruktur akan terus berjalan. Bahkan beberapa proyek infrastruktur akan rampung dan segera diresmikan pada tahun ini, termasuk jalan tol.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, ada sekitar tujuh ruas tol yang akan diresmikan hingga akhir tahun nanti. Adapun rinciannya, 4 ruas tol akan diresmikan pada Juni 2020.

Baca Juga: Atur Strategi New Normal, Rest Area Bukan Lagi Tempat Kongkow

Adapun keempat ruas jalan tol tersebut yakni, Jalan tol Aceh-Sigli seksi 4 sepanjang 14 kilometer. Saat ini ruas tol ini sedang melakukan uji laik fungsi (ULF) oleh Kementerian PUPR.

"Pada Juni ini yang bisa diresmikan pertama adalah Banda Aceh-Sigli seksi 4 sepanjang 14 kilometer sekarang uji layak fungsi untuk diresmikan," ujarnya dalam telekonferensi, Jumat (29/5/2020).

Baca Juga: Pembangunan Tol Sumsel-Bengkulu Baru 20%

Selain itu, ruas tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 13 kilometer yang merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatera. Saat ini ruas tol ini sedang dalam tahap uji laik fungsi (ULF) oleh Kementerian PUPR.

Kemudian ruas tol lainnya adalah jalan tol Manado-Bitung seksi 1. Jalan tol ini merupakan garapan dari pemerintah yang semula seharusnya ditargetkan rampung pada April 2020 lalu.

Dan yang terakhir adalah ruas tol Balikpapan - Samarinda seksi I dan IV. Kedua ruas tol ini memiliki panjang 33 kilometer (Km).

"Balikpapan-Samarinda seksi I dan V sepanjang 33 km sudah siap," ucapnya

Sementara untuk ruas tol sisanya masih dipastikan akan diresmikan pada tahun ini. Meskipun dirinya tidak menyebutkan waktu pasti dari peresmian dan pengoperasian ketiga ruas tol tersebut.

"Pettarani-Makassar yang baru saja kita selesaikan topping off-nya. Kemudian Cibitung Cilincing di JORR dan Krian-Legundi-Bunder Manyar di Jawa Timur. Itu yang siap diresmikan," kata Basuki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini