Pengusaha Sebut 6 Juta Pekerja Kena PHK dan Dirumahkan akibat Corona

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 29 Mei 2020 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 29 320 2221528 pengusaha-sebut-6-juta-pekerja-kena-phk-dan-dirumahkan-akibat-corona-6okEwogr6r.jpg Covid-19 (Foto: Ilustrasi Okezone)

JAKARTA - Hadirnya virus corona membuat kehidupan masyarakat terdampak. Mulai dari kesehatan, kehidupan sosial, hingga ekonomi. Dibatasinya aktivitas masyarakat berdampak pada surutnya pendapatan hingga berujung pada pemutusan hubungan kerja (PHK) para karyawan.

Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Shinta W Khamdani mengatakan, hingga saat ini sudah ada sekitar 6 juta orang yang kehilangan pekerjaannya.

"Menurut data yang kami dapat dari asosiasi, sudah ada 6 juta orang yang dirumahkan atau di PHK," ujarnya pada telekonferensi, Jumat (29/5/2020).

Baca Juga: Pandemi Covid-19, 41 Juta Warga Amerika Di-PHK

Shinta mengatakan, tingginya angka pengangguran adalah akibat dari aktivitas masyarakat yang sangat dibatasi. Dampak ekonomi bagi dunia usaha terasa dari atasan hingga bawahan.

"Dunia usaha yang terdampak sejauh ini lebih besar daripada dunia usaha yang terdapat opportunity," ujar Shinta.

Baca Juga: PHK 15.000 Karyawan, Renault Masuk Jaring Penyelamatan Pemerintah Prancis

Para pengusaha pun lebih memilih merumahkan karyawannya karena perusahaan tidak mempunyai cashflow untuk menerapkan prosedur PHK secara resmi.

"Mereka dirumahkan karena pengusaha tidak punya cashflow untuk PHK. Sedangkan kita enggak tahu kapan pandemi ini akan berakhir," pungkasnya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini