Tak Main-Main, Mal Punya Spesial SOP di Era New Normal

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 29 Mei 2020 15:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 29 320 2221556 tak-main-main-mal-punya-spesial-sop-di-era-new-normal-0rHNx9zXpU.jpg Mal Kembali Dibuka (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) siap menjalankan skenario new normal di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Salah satunya dengan membuka mal atau pusat perbelanjaaan dengan tingkat kedispilinan yang tinggi.

Menurut data Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) per 26 Mei 2020, terdapat 70 mal di Jakarta yang siap dibuka secara bertahap pada 5 Juni dan 8 Juni 2020. Pembukaan mal ini menunggu berakhirnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta pada 4 Juni 2020.

Baca Juga: Persiapan Pembukaan Restoran di Mal, Ternyata Sudah Diantisipasi Sejak Awal PSBB

Tidak seperti biasanya, pembukaan mal nanti dengan protokol kesehatan yang ketat dan menuju ke new normal. Hal ini diterapkan agar kasus virus corona tidak terus bertambah di Indonesia.

Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Shinta W Khamdani mengatakan, selain protokol kesehatan yang selama ini telah berjalan seperti menyediakan hand sanitizer, pengecekan suhu, hingga penggunaan masker, mal punya Standar Operasional Prosedur (SOP) spesial dalam menyambut era new normal.

"Mal punya spesial SOP yakni membatasi jumlah pengunjung yang bisa masuk. Selain itu, batas orang di dalam penggunaan eskalator, lift, serta toko juga akan diatur," ujar Shinta dalam telekonferensi Jumat (29/5/2020).

Baca Juga: Tak Pakai Masker, Pengunjung Dilarang Masuk Mal

Selain itu, tenant juga diminta untuk selalu menjaga kebersihan tokonya. Sedangkan pihak mal akan melakukan penyemprotan desinfektan secara berkala.

Tak hanya mal, industri kecantikan atau salon juga telah menyatakan siap untuk beroperasi kembali di era new normal. Shinta mengatakan, para pengusaha salon telah menyiapkan alat pelindung diri (APD) untuk para karyawannya.

"Ini bukti keseriusan karena mereka sudah siap untuk beroperasi lagi. Para karyawan mereka akan mengenakan APD selama bekerja yang dilengkapi dengan face shield," pungkasnya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini