Begini Nasib Kelanjutan Proyek Wisata, dari Danau Toba hingga Labuan Bajo

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 29 Mei 2020 16:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 29 320 2221624 begini-nasib-kelanjutan-proyek-wisata-dari-danau-toba-hingga-labuan-bajo-M7J2kVIrau.jpg Labuan Bajo (Foto: Okezone.com/Dani Jumadil Akhir)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan proyek 5 destinasi wisata prioritas akan tetap berjalan. Meskipun, situasi dan kondisinya sedang tidak kondusif karena adanya pandemi virus corona.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mencontohkan soal proyek destinasi wisata prioritas Danau Toba. Pada proyek ini dilakukan kegiatan penataan pantai Parapat, penataan kawasan Putra Raja Huta Siallagan di Samosir.

 Baca juga: Jokowi Siapkan Rp6,4 Triliun untuk 5 Destinasi Wisata Prioritas

"Dan termasuk yang lain-lain ini yang penataan kawasan belum termasuk pelebaran jalan, perbaikan jalan, gapura, pasar dan lain-lainnya," ujar Basuki dalam telekonferensi, Jakarta, Jumat (29/5/2020).

Selanjutnya adalah proyek destinasi wisata di Borobudur. Ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan pada destinasi wisata Borobudur ini, salah satunya adalah pembangunan jalan akses utama dan gerbang menuju Borobudur.

"Di Borobudur, ada kegiatan akses utama dan gerbong Klangon, akses ke Borobudur ada beberapa gerbang dari Sentul, dari Wates, dari Kulonprogo dari jalan Magelang dan dari Purworejo jadi ada beberapa gerbang yang akan dibangun untuk mengantarkan para turis untuk menuju kawasan Borobudur," ujar Basuki.

 Baca juga: Sektor Pariwisata Akan Dibuka Kembali saat New Normal, Daerah Mana Saja?

Selanjutnya, adalah destinasi wisata lainnya adalah di Mandalika. Pada destinasi wisata ini lanjut Basuki, pihaknya mendapatkan tugas untuk membangun jalan akses dari Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Mandalika sepanjang 19 kilometer (km).

"Di Mandalika tugas kami utamanya adalah menyiapkan jalan akses dari Bandara Internasional Lombok ke Mandalika sepanjang 19 km ini sudah selesai lelangnya 3 paket, dan akan segera dimulai pengerjaannya 2020 ini, sehingga nanti 2021 sudah bisa selesai. Termasuk di sini adalah perbaikan di kawasan pantai Rupo di Mandalika," ujarnya.

Kemudian untuk kawasan Labuan Bajo, Basuki mengaku jika seluruh kegiatan saat ini sudah diteken kontraknya dan akan segera dikerjakan. Dan terakhir adalah untuk kawasan Likupang yang akan dilakukan penataan kawasan pantai Malalayang di Manado.

"Kemudian Likupang ada kegiatan penataan kawasan pantai Malalayang di Manado yang dipakai untuk kuliner di Manado," kata Basuki.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini