New Normal, Mendag Sebut Mal Tetap Dibuka Juni

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 29 Mei 2020 19:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 29 320 2221719 new-normal-mendag-sebut-mal-tetap-dibuka-juni-NfExrGIjxF.jpg Menteri Perdagangan Agus Suparmanto bersama Satgas Covid-19 DPR (Foto: Okezone.com/Taufik Fajar)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag), memastikan operasional pusat perbelanjaan atau mal akan kembali dibuka pada bulan Juni. Kemendag pun telah menyiapkan standar operasional (SOP) yang harus diterapkan di dalam mal.

"(Mal buka) tetap bulan Juni, ini pasti,” ujar Menter Perdagangan (Mendag), Agus di kantornya, Jakarta, Jumat (29/5/2020).

 Baca juga: Mal Buka 5 Juni, Menko Airlangga: Tidak Ada yang Mengizinkan

Dia menjelaskan, dalam pembukaan mal ini juga bergantung pada ketentuan masing-masing pemerintah daerah (pemda). Maka itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan pemda yang akan membuka kembali mal-mal di wilayah masing-masing.

"Jadi kami terus komunikasikan. Mereka juga minta bagaimana protokol yang tepat, ini dikoordinasikan dengan Kementerian Kesehatan dan BNPB. Dan ini sinergi, serta keluarnya nanti 1 pintu," ungkap dia.

 Baca juga: Terungkap, Ini Kegiatan Mal Selama Ditutup

Kemudian, lanjut dia, pihaknya telah menyiapkan lima fase pembukaan sektor perdagangan dengan menerapkan skema new normal yang dinamakan exit stategy Covid-19 oleh Kemendag. Kemudian tak hanya di mal, namun juga toko swalayan, pasar tradisional, toko alat kesehatan (alkes), serta kawasan hiburan dan pariwisata yang dibuka.

"Aktivitas yang akan dibuka dalam new normal ini. Seperti pasar rakyat, toko swalayan, restoran, toko obat, usat perbelanjaan atau mal, dan restoran di rest area, dan di tempat hiburan serta pariwisata," jelas dia.

Dia menambahkan, Kemendag akan mengatur pembukaan mal untuk mengatur ketentuan yang menyesuaikan protokol kesehatan di dalam gedung. Misalnya pembatasan jam operasional, jumlah pengunjung, dan sebagainya.

"Nah ini harus kita buka mulai minggu depan dengan protokol kesehatan," tandas dia.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini