5 Bendungan Dibangun Tahun Ini, dari NTB hingga Gorontalo

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 30 Mei 2020 09:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 30 320 2221920 5-bendungan-dibangun-tahun-ini-dari-ntb-hingga-gorontalo-QNr0UejPAV.jpg Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan proyek infrastruktur akan tetap berjalan pada tahun ini. Tak terkecuali pada proyek infrastruktur bendungan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ada beberapa bendungan yang akan mengejar target pembangunan 5 bendungan lagi. Kelima bendungan tersebut akan dibangun di Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur, dan Gorontalo.

Baca Juga: Bendungan Meninting Tambah Pasokan Air Irigasi di Pulau Lombok

Sebenarnya lanjut Basuki, target pembangunan bendungan adalah 65. Namun hingga 2019 lalu sudah ada 60 bendungan yang pembangunannya sudah rampung.

"Targetnya 65 bendungan. Sudah diselesaikan sekitar 60, sehingga tahun ini kita 5 akan kita mulai," ujarnya dalam telekonferensi, dikutip Sabtu (30/5/2020).

Menurut Basuki, saat ini beberapa bendungan sudah dilakukan proses lelang. Diharapkan proses konstruksi bisa dilakukan segera.

Baca Juga: 241 Waduk hingga 4.227 Embung Disiapkan Antisipasi Kemarau Panjang

Basuki merinci, untuk bendungan Tiu Suntuk di Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah dimulai pengerjaannya. Sementara bendungan Jragung di Jawa Tengah baru melakukan proses lelang.

Kemudian untuk Bendungan Amarelo di Sulawesi Tenggara juga baru dilakukan proses lelang. Kemudian untuk Bendungan Sepaku Semok di Kalimantan Timur dan bendungan Budong-budong juga sedang dilakukan proses lelang

"Sekarang sedang proses lelang dan konstruksi," kata Basuki.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini