New Normal Pariwisata, Dibuka Bertahap hingga Pengawasan Ketat

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 31 Mei 2020 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 30 320 2222149 new-normal-pariwisata-dibuka-bertahap-hingga-pengawasan-ketat-0Fej8uaFSo.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Pariwisata akan menjadi sektor yang dipersiapkan untuk menjalankan era new normal. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang menyiapkan standar dan budaya baru di sektor pariwisata.

Hal ini untuk menghadapi new normal di sektor pariwisata saat wabah virus Corona atau Covid-19. Jokowi mengatakan, strategi khusus dalam promosi pariwisata di era new normal perlu dipersiapkan.

Berikut adalah fakta mengenai new normal pariwisata yang dirangkum Okezone:

Baca Juga: Masa Transisi New Normal, Bioskop Belum Diizinkan Buka?

1. Pengawasan Ketat

Jokowi berpesan agar masyarakat diberikan sosialisasi yang masif. Selain itu, uji coba, simulasi-simulasi hingga protokol pengawasan dan kesehatan perlu dijalankan dengan ketat di lapangan.

2. Jaga Citra Pariwisata RI

Presiden tak ingin jika saat diterapkan masih terdapat imported case akan covid-19. Hal ini akan memberikan citra buruk di pariwisata Indonesia.

Baca Juga: Pelaku Pariwisata di Malang Usulkan Bentuk Satgas Khusus Menuju New Normal

"(Jika) kemudian ada dampak kesehatan, maka citra pariwisata yang buruk akan bisa melekat dan akan menyulitkan kita untuk memperbaikinya lagi," ujarnya dalam telekonferensi, Jakarta, Kamis (28/5/2020).

Oleh sebab itu, lanjutnya, new normal di sektor pariwisata diminta benar-benar dihitung dengan baik. Selain itu, kalkulasi dan manajemen di lapangan benar-benar harus dijaga.

3. Fokus Pariwisata Domestik

Tak semua daerah pariwisata yang akan dibuka. New era akan terlebih dahulu berfokus pada pariwisata domestik.

Jokowi mengatakan, wisata domestik nantinya akan diidentifikasi daerah-daerahnya. "Daerah-daerah tujuan destinasi wisata yang memiliki R0 di bawah 1, RT-nya di bawah 1," ujarnya.

Baca Juga: New Normal Ubah Pola Kerja, Karyawan Hanya 2 Minggu ke Kantor

4. Dibuka Bertahap

Sektor pariwisata akan dibuka secara bertahap. Namun, tetap dengan pengendalian protokol yang ketat.

"Saya ingin ingatkan bahwa pandemi covid akan membuka sebuah perubahan tentang tren pariwisata di dunia di mana isu health, hygiene, serta safety, security akan jadi pertimbangan utama bagi wisatawan yang ingin melancong," ujar Presiden.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini