Mal Bakal Dibuka, Pemilik Toko Butuh Persiapan 3 Hari

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 01 Juni 2020 14:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 01 320 2222831 mal-bakal-dibuka-pemilik-toko-butuh-persiapan-3-hari-n8YMane3qC.png Mal di Malang (Foto: Okezone/Avi)

JAKARTA - Pemerintah telah menggaungkan pemulihan ekonomi nasional pasca-pandemi virus corona atau Covid-19. Berbagai desain pemulihan ekonomi sudah dipaparkan, namun hal tersebut masih dimatangkan dan uji coba persiapan.

Salah satunya dengan dibukanya mal atau pusat perbelanjaan secara bertahap pada 5 Juni dan 8 Juni 2020. Meski demikian, pembukaan mal masih menunggu izin dari pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga: Saling Silang Pendapat Pembukaan Mal

Menanggapi hal ini, Dewan Penasehat Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Tutum Rahanta mengatakan, para pemilik tenant butuh waktu setidaknya 3 hari untuk melakukan persiapan sebelum mal dibuka.

"Kita butuh persiapan, minimal 3 hari," ungkap Tutum saat dihubungi Okezone, Senin (1/6/2020).

Sementara itu, mengenai skema pengaturan jam operasional, Tutum menunggu keputusan pemerintah daerah. Terkait adanya perubahan jam kerja atau tidak saat penerapan new normal berlangsung.

"Mengenai jam kerja karyawan, kami menunggu keputusan Pemda. Kalau ada perubahan ya kami ikuti sesuai keputusan," pungkas Tutum.

Baca Juga: Hadapi New Normal, Mal Jadi Dibuka 5 Juni?

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag), memastikan operasional pusat perbelanjaan atau mal akan kembali dibuka pada bulan Juni. Kemendag pun telah menyiapkan standar operasional (SOP) yang harus diterapkan di dalam mal.

"(Mal buka) tetap bulan Juni, ini pasti,” ujar Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto di kantornya, Jakarta, Jumat 29 Mei 2020.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini