Haji 2020 Dibatalkan, Bos Garuda: Ini Keputusan Pahit dan Keuntungan Semakin Berat

Selasa 02 Juni 2020 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 02 320 2223240 haji-2020-dibatalkan-bos-garuda-ini-keputusan-pahit-dan-keuntungan-semakin-berat-2BuENDfmTl.jpg Dampak Dibatalkannya Haji 2020 pada Garuda Indonesia. (Foto: Okezone.com/Infokoms)

JAKARTA - Pemerintah memutuskan untuk tidak mengirim jamaah calon haji tahun ini. Pembatasan haji 2020 ini pun berdampak pada Garuda Indonesia, yang menjadi salah satu maskapai yang memberangkatkan jamaah.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengaku sedang menyiapkan strategi lain, setelah penerbangan haji tahun ini dibatalkan, Strategi untuk membantu kinerja keuangan perseroan.

"Jadi makin berat keuntungan kita, karena itu kita sedang siapkan langkah agar tidak menelan kerugian yang cukup dalam," ujar Irfan, dikutip dari SINDOnews, Selasa (2/6/2020).

Baca Juga: 5 Fakta di Balik Batalnya Haji Tahun Ini

Irfan mengatakan, pihaknya pun akan mengikuti apa yang sudah jadi keputusan pemerintah. Di mana keputusan ini untuk menjaga kesehatan dan keselamatan jamaah calon haji Indonesia dari wabah corona virus disease (covid-19) yang merebak secara global, termasuk Arab Saudi.

Sebelumnya, Pembatalan haji 2020 Indonesia sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 494 Tahun 2020. Menag menyatakan pembatalan pengiriman jamaah haji ini merupakan keputusan yang sangat berat, namun keselamatan warga negara menjadi dasar yang utama.

"Sungguh ini keputusan yang cukup pahit dan sulit. Di satu sisi kita bersama telah berusaha dengan segala upaya untuk menyiapkan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini sebagai perwujudan tugas pembinaan dan pelayanan. Tapi di sisi lain kita juga memikul tanggung jawab memberikan perlindungan bagi jamaah dan petugas haji," jelas Menteri Agama Fachrul Razi.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini