Tak Penuhi Syarat Dapat Rumah, Dana Tapera Bisa Ditarik

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 04 Juni 2020 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 04 470 2224391 tak-penuhi-syarat-dapat-rumah-dana-tapera-bisa-ditarik-8Fg5HjR2Mk.jpg Rumah Bangun (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan mulai menarik iuran untuk Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) kepada masyarakat. Hal tersebut ditandai dengan Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat.

Pada tahap pertama, pemerintah akan menarik iuran kepada para ASN, TNI dan Polri. Pada tujuh tahun setelahnya, para pekerja swasta yang akan ditarik iuran oleh pemerintah.

 Baca juga: Gaji Pekerja Swasta Dipotong Iuran Tapera Mulai 2027

Deputi Komisioner bidang Pemanfaatan Dana BP Tapera Ariev Baginda mengatakan, nantinya para peserta tidak akan langsung mendapatkan rumah setelah mebayar iuran. Karena hanya peserta yang memenuhi syarat saja yang akan mendapatkan rumah.

"Tapera merupakan tabungan peserta yang bersifat gotong royong untuk perumahan bagi yang eligible untuk mendapatkan manfaat," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (4/6/2020).

 Baca juga: Dana Tapera Dikelola Manajer Investasi, Aman?

Menurut Ariev, peserta eligible yang dimaksud adalah salah satunya harus menjadi anggota minimal 12 bulan. Selain itu, peserta juga dipastikan belum memiliki rumah pertama.

"Peserta yang masuk dalam eligible list antara lain telah menjadi anggota setidak-tidaknya 12 bulan. Belum memiliki rumah pertama," jelasnya.

Menurut Ariev, bagi peserta yang tidak eligible tidak perlu khawatir karena akan tetap menerima manfaat meskipun bukan rumah. Adapun manfaat yang didapatkan adalah uang tabungan yang bisa diambil saat pensiun.

"Yang tidak termasuk akan dapat menarik tabungan pada saat setelah pensiun," ucapnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini