3 Syarat Agar Sektor Perikanan Jadi Core Ekonomi

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 06 Juni 2020 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 06 320 2225453 ini-syarat-sektor-perikanan-jadi-core-ekonomi-menurut-ketua-dewan-pakar-mpn-8HLlA2nVaV.jpg Industri perikanan (Foto: China Dialogue Ocean)

JAKARTA - Ketua Dewan Pakar Masyarakat Perikanan Nusantara (MPN) Rokhmin Dahuri mengatakan, orang yang beriman saat terkena masalah, mereka bersabar. Sedangkan kalau mendapat keuntungan mereka bersyukur.

"Orang yang beriman itu tak pernah padam atau putus asa. Mereka selalu berjuang karena tujuannya akhirat sehingga mereka itu manusia yang tangguh dan kuat saat menghadapi cobaan," kata Rokhmin dalam Halal Bi Halal Masyarakat Perikanan Nusantara, Kembali Fitri dengan Hikmah di Balik Covid-19 via Zoom, Sabtu (6/6/2020).

Sedangkan orang yang tujuannya hanya dunia, maka dia akan sering merasa gersang dan gundah gulana. Sebab di hatinya tak ada Allah SWT.

 Rokhmin

"Efek beriman ini, etos kerjanya unggul dan tak pernah putus asa. Maka insan MPN ini jika banyak yang beriman, Insya Allah masyarakat perikanan akan luar biasa, tak seperti sekarang nelayan masih banyak yang miskin," terang Rokhmin.

"Kalau semua beriman maka, pengusaha dan para nelayan semua saling bekerja sama dan tolong-menolong, sehingga semua sejahtera," ujarnya.

Baca juga: Perlu Kecerdasan Buatan untuk Tingkatkan Hilirisasi Produk Perikanan di Tengah Covid-19

Rokhmin yakin, jika masyarakat perikanan beriman semua maka perikanan bisa jadi core ekonomi. Sebab mereka akan mempunyai etos kerja yang unggul, suka tolong-menolong dan kerja sama, pasti luar biasa.

 Baca juga: Mendes PDTT: New Normal Kuncinya Hanya 3 Aspek

"Agar perikanan jadi core ekonomi maka kontribusi perikanan terhadap PDB minimal 10 persen, ekspor perikanan minimal 9 persen total ekspor di Indonesia. Selain itu pelaku usahanya, nelayan, pembudi daya ikan, semua sejahtera," terang Rokhmin.

Namun, lanjutnya, sayang di Indonesia setiap ganti menteri selalu ganti kebijakan. Makanya kurang sustainable kebijakannya akibatnya susah tercapai target-targetnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini