Laris di 6 Benua, Ekspor Kelapa Indonesia Duduki Nomor 1 Dunia

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 08 Juni 2020 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 08 320 2226292 laris-di-6-benua-ekspor-kelapa-indonesia-duduki-nomor-1-dunia-febHcPtxcc.jpg Kelapa (Shutterstock)

JAKARTA - Kelapa merupakan sumber daya alam yang sangat bermanfaat. Dari buah, batang hingga daunnya dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan.

Hal ini membuat Indonesia memanfaatkannya sebagai bahan ekspor. Ternyata hampir seluruh bagian kelapa Indonesia telah diekspor.

 Baca juga: Harga Kelapa Turun Tajam, Petani Mulai Terancam

Mulai dari daging kelapa, air kelapa, tempurung kelapa, sabut kelapa sampai batang kelapa juga telah diekspor.

Mengutip instagram @KementerianPertanian, Jakarta, Senin (8/6/2020), kelapa Indonesia saat ini menduduki posisi nomor satu di dunia. Di mana, Indonesia melampaui Filipina, India, Brazil, dan Srilangka.

 Baca juga: Geser India, Indonesia Siap Kembalikan Kejayaan Industri Kelapa

Menurut data Kementan, ekspor produk olahan kelapa tercatat pada periode Januari-Mei 2020 telah mencapai 463,5 ribu ton. Kelapa tersebut diekspor ke puluhan negara yang tersebar di 6 benua.

Tidak hanya produktivitasnya yang tinggi, kualitas serta terpenuhinya persyaratan teknis negara tujuan yang menjadikan produk ini laris. Terutama di banyak negara.

Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian mencatat setidaknya ada 13 ragam komoditas turunan kelapa yang telah laris di pasar global. Negara tujuan ekspornya pun telah menembus 6 benua, yaitu benua Asia, Eropa, Australia, Afrika, Amerika Utara hingga Amerika Selatan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini