PTBA Bagikan Dividen Rp3,65 Triliun, Terbesar dalam Sejarah BUMN di BEI

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2020 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 278 2227634 ptba-bagikan-dividen-rp3-65-triliun-terbesar-dalam-sejarah-bumn-di-bei-xvMy4LpHsV.jpg Batu Bara (Reuters)

JAKARTA - PT Bukit Asam (Persero) Tbk membagikan dividen sebesar Rp3,65 triliun atau 90% dari laba bersih perseroan yang mencapai Rp4,1 triliun. Keputusan tersebut ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk Tahun Buku 2019.

Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin mengatakan, pembagian dividen ini merupakan yang terbesar dalam sejarah BUMN yang listing di bursa. Ini juga bukti komitmen perseroan kepada para pemegang saham.

 Baca juga: Harga Saham Terjungkal di Bawah Rp2.000, PTBA Siap Lakukan Buyback

"Ini merupakan dividen yang paling besar. Juga dalam sejarah BUMN yang listing di bursa. Dengan adanyanya dividen ini, maka total yang kita bagikan Rp3,6 triliun ini adalah hal yang baik berupa komitmen perusahaan ke pemegang saham," ujarnya dalam telekonferensi, Rabu (10/6/2020).

Menurut Arviyan, keputusan pembagian dividen merupakan domain dari pemegang saham dalam hal ini PT Indonesia Asahan Aluminium atau Inalum sebagai induk holding pertambangan. Apalagi, kebutuhan pendanaan dari holding BUMN pertambangan sangat besar.

 Baca juga: Gandeng Air Products & Chemicals, PTBA Garap Gasifikasi Batu Bara

"Ini adalah domain dari pemegang saham. Tentu ini terkait kebutuhan pemegang saham dalam hal ini Inalum," ucapnya.

Arvyan pun menambahkan, keuangan perseroan tidak akan terganggu meskipun 90% laba bersihnya untuk dividen. Mengingat kinerja perseroan masih cukup baik.

Sebagai gambaran, saat ini kas dari PTBA mencapai Rp8 triliun. Artinya meskipun perseroan membagikan dividen, namun kas perseroan masih tetap besar dan cukup.

"Dengan kinerja kita yang cukup baik maka pembayaran ini tidak akan pengaruhi likuditas kita dan ekspansi kita," ucapnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini