IHSG Mulai Pulih dari Covid-19, Antam Tunda Buyback Saham

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 11 Juni 2020 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 278 2228381 ihsg-mulai-pulih-dari-covid-19-antam-tunda-buyback-saham-db1Jo57tFO.jpg Saham (Shutterstock)

JAKARTA - PT Aneka Tambang (Persero) Tbk memutuskan untuk menunda pembelian saham kembali (buyback) dalam waktu dekat. Mengingat saat ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sudah kembali menunjukan tanda-tnada perbaikan.

Sebagai gambaran, saat ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sudah berada di atas 4.800 walaupun masih bergerak fluktuatif. Padahal sebelumnya, IHSG sempat menyentuh angka 3.900.

 Baca juga: Antam Tebar Dividen Rp67,8 Miliar, 35% dari Laba Bersih

Direktur Keuangan Antam Anton Herdianto mengatakan, saat itu perusahaan BUMN diminta oleh Erick Thohir untuk melakukan pembelian saham kembali. Mengingat kondisi IHSG sedang jatuh.

"Terkait dengan buyback saham saya kasih gambaran sedikit ketika indeks harga saham turun waktu itu, kita lihat melihat ada opportunity buyback," ujarnya dalam telekonferensi, Kamis (11/6/2020).

 Baca juga: Antam Racik Ulang Strategis Bisnis Akibat Corona

Menurut Anton, keputusan buyback saham ketika itu adalah bertujuan untuk meningkatkan kembali pasar saham di dalam negeri. Sehingga para investor baik asing maupun dalam negeri mulai kembali terangsang untuk menanamkan modalnya di pasar saham Indonesia

"Saat yang sama saat itu di seluruh BUMN Tbk melakukan pertemuan dan melihat bagaimana dari sisi BUMN bisa membantu meningkatkan confident terhadap IHSG Indonesia," jelasnya

Menurut Anton, saat ini IHSG sudah kembali naik mendekati 5.000. Khusus harga saham Antam sendiri sudah kembali naik bahkan menurutnya, harga saham perseroan masih belum berada di bawah harga atau under value.

"Inisiatif buyback sekarang enggak jadi prioritas kami apabila apa ya namanya selesai masa pemberitahuannya kita akan menyanpaikan juga kita enggak akan melakukan proses yang dimaksud," jelasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini