Masuk Mal Akan Gunakan Sistem QR Code? Pengusaha: Silakan Saja

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 320 2229162 masuk-mal-akan-gunakan-sistem-qr-code-pengusaha-silakan-saja-DpkSjdUqPC.jpg Ritel (Reuters)

JAKARTA - Pusat perbelanjaan atau mal di wilayah Jakarta akan kembali buka pada 15 Juni 2020. Sesuai dengan jadwal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi yang diterbitkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Menjelang buka, para pengelola mal pun menyiapkan protokol keamanan Covid-19 bagi pengunjung dan seluruh tenant. Dengan protokol ini, penyebaran virus corona di pusat perbelanjaan bisa dicegah.

 Baca juga: Dibuka 15 Juni, Begini Cara Masuk Mal di Era New Normal

Lalu apakah pengunjung masuk Mal akan pakai sistem QR Code?

Menurut Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat, pengunjung mal tidak harus memakai QR Code. Umumnya mal sudah punya peralatan head-count.

"Tetapi sebagian mal meningkatkan peralatannya dengan sistem QR Code. Jadi silakan saja," ujar Ellen kepada Okezone, Jumat (12/6/2020).

 Baca juga: Efek Corona, Pembangunan Mal Baru Terhambat hingga Ditutup

Kemudian, lanjut dia pada mal tidak ada ganjil genap di setiap toko retail. Kalau di pasar memang akan diatur sesuai nomor kiosnya. Misalnya hari ini kios ganjil, besok kios genap dan seterusnya.

"Dan terkait sanksi apabila mal melanggar protokol kesehtan tentu yang pertama diberikan peringatan, pemberitahuan, perbaikan dan apabila tidak dilakukan perbaikan sanksi akan diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta," ungkap dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini