Rekor Penjualan Ritel AS, Trump: Tertinggi Sepanjang Masa!

Rabu 17 Juni 2020 10:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 320 2231433 rekor-penjualan-ritel-as-trump-tertinggi-sepanjang-masa-Yi9N2uSedM.jpg Presiden AS Donald Trump (Foto: Reuters)

JAKARTA – Departemen Perdagangan Amerika mencatat, penjualan eceran di Amerika meningkat 17,7% bulan lalu. Ini mungkin pertanda bahwa perekonomian mulai membaik setelah serangan pandemi virus corona.

Jumlah penjualan tercatat USD485,5 miliar atau hampir dua kali lipat dari yang diramalkan para analis, ketika banyak bisnis di seluruh Amerika masih tutup untuk mencegah perebakan Covid-19.

Baca Juga: Fakta Rekrutmen Kembali Karyawan yang Di-PHK, Bikin Untung Pengusaha 

Presiden Donald Trump, yang sejak lama mengecilkan risiko perebakan virus korona ini dan memusatkan perhatian untuk menghidupkan kembali perekonomian sambil menghadapi perjuangan sengit untuk memenangkan masa jabatan kedua bulan November, menyambut gembira perkembangan ini.

“Wow! Penjualan bulan Mei menunjukkan angka tertinggi sepanjang masa, naik 17,7%. jauh lebih tinggi dari yang diperkirakan. hari yang baik bagi pasar bursa dan lapangan pekerjaan!,” katanya dilansir dari VOA, Rabu (17/6/2020).

Baca Juga: Ini Keuntungan Merekrut Lagi Pekerja yang Di-PHK 

Laporan Departemen Perdagangan itu memperkuat berita perbaikan ekonomi, yang permulaan bulan ini menunjukkan pertambahan lapangan pekerjaan sebanyak 2,5 juta dalam bulan Mei dan tingkat pengangguran turun sedikit menjadi 13,3%.

Tetapi, tanda-tanda kerusakan ekonomi yang disebabkan pandemi itu masih tampak, karena tingkat penjualan antara bulan Maret, ketika gangguan perekonomian dimulai, dan bulan Mei turun 10,5% dibanding periode yang sama tahun lalu.

trump

Angka bulan Mei menunjukkan kenaikan 188% dibanding bulan sebelumnya dalam penjualan pakaian, dan kenaikan 89% dalam penjualan perabotan rumah tangga.

Kedua sektor ini menderita dampak paling besar akibat penutupan kegiatan ekonomi. Bisnis e-commerce atau perdagangan online menunjukkan kenaikan sembilan%, dan penjualan bensin, yang anjlok bulan April di tengah kemelut karena penutupan ekonomi dan peningkatan pasokan minyak, naik 12,8% bulan Mei.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini