RUPS Bank Bukopin, Rivan Purwantono Jadi Dirut

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 278 2232249 rups-bank-bukopin-rivan-purwantono-jadi-dirut-6pfsYDxagu.jpg RUPS Bukopin, Rivan Jadi Dirut (Foto: Dok Bukopin)

JAKARTA - PT Bank Bukopin Tbk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2019 pada hari ini. Dalam RUPST ini terjadi perombakan direksi Bukopin, yakni ada pergantian direktur utama.

RUPST Bank Bukopin memutuskan mengangkat Rivan A Purwantono menjadi Direktur Utama Bank Bukopin menggantikan Eko Rachmansyah Gindo yang pada RUPST ini memang berakhir masa jabatannya telah mengumumkan untuk mundur dan tidak bersedia untuk dicalonkan kembali.

Baca Juga: Kookmin Bank Setor Rp2,8 Triliun ke Bukopin, OJK: Komitmen Perkuat Likuiditas 

Sebagai bentuk gentle agreement Eko menyatakan bahwa Bukopin adalah pelabuhan terakhirnya pada institusi keuangan.

Seperti diketahui, Rivan bukan nama asing bagi Bank Bukopin. Sebelum menjabat sebagai Direktur Keuangan PT KAI, Rivan adalah sosok dibalik kemudi bisnis Konsumer Bank Bukopin. Demikian seperti dilansir keterangan resmi Bukopin, Jakarta, Kamis (18/6/2020).

Selama hampir 1 periode Rivan menjabat sebagai Direktur Konsumer Bank Bukopin sebelum akhirnya dipinang oleh Kementerian BUMN.

Penunjukan Rivan A Purwantono dinilai sangat tepat, mengingat nature bisnis Bank Bukopin yang selama ini memang fokus pada bisnis Ritel (UMKM dan Konsumer).

Baca Juga: Kuasai 51% Saham, Ini Fakta Kookmin Jadi Pengendali Bukopin 

Tidak hanya jajaran direksi yang ditempati oleh orang baru, ada Imam Subowo yang juga diangkat menjadi direktur perseroan.

Selama ini Imam Subowo dikenal sebagai Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Perum Bulog sebelum akhirnya dipercaya menjadi Komisaris Utama Mitra Bumdes Nusantara.

Dengan pengalaman sebagai direktur pengembangan, sosok Imam Subowo dinilai memiliki pengalaman yang sesuai untuk melanjutkan sepak terjang bisnis Bank Bukopin.

Selain dua jajaran direksi diisi oleh nama baru, turut hadir nama Sapto Amal yang dipercaya menjadi komisaris di Bank Bukopin.

Sebelumnya nama Sapto Amal telah malang melintang dikenal sebagai Komisaris Utama Pelindo dan Jasa Marga sebelum akhirnya menjadi Direktur Utama SAO Advisory sejak April 2020.

Diketahui pula bahwa Sapto Amal juga pernah menjadi Wakil Ketua BPK RI pada periode 2014 – 2017.

Berdasarkan hasil keputusan RUPST Tahun Buku 2019 PT Bank Bukopin, Tbk Komposisi manajemen Bank Bukopin periode 2019-2024 menjadi sebagai berikut:

Dewan Komisaris

 

Komisaris Utama Independen : Mustafa Abubakar

Komisaris : M Subhan Aksa

Komisaris : Deddy SA Kodir

Komisaris : Susiwijono

Komisaris Independen : Sapto Amal Damandari

Komisaris Independen : Moch Hadi Santoso

Komisaris Independen : Karya Budiana

Komisaris Independen : Chang Su Choi

Direksi

 

Direktur Utama : Rivan A Purwantono

Direktur : Adhi Brahmantya

Direktur : Lalu Azhari

Direktur : Hari Wurianto

Direktur : Geger Nuryaman Maulana

Direktur : Jong Hwan Han

Direktur : Heri Purwanto

Direktur : Imam Subowo

Selain itu, dalam RUPST juga memutuskan menahan laba bersih 2019 yang sebesar Rp217 miliar sebagai modal usaha.

Aset perseroan secara konsolidasi mencapai Rp100,26 triliun, tumbuh menjadi 4,83% dibandingkan tahun 2018 dan laba bersih secara konsolidasi pun meningkat 14,10% menjadi Rp217 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini