Masa Depan Sektor Ritel, Bayar Angsuran Secara Digital

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 320 2232860 masa-depan-sektor-ritel-bayar-angsuran-secara-digital-16QNcFP7MD.jpg Belanja Online (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Volume penjualan ritel tahun lalu lebih tinggi dari pada tahun-tahun sebelumnya. Wajah industri ritel pun berubah karena semua beralih ke online.

Business Insider Intelligence baru-baru ini melaporkan bahwa pada tahun 2019 penjualan e-commerce melampaui 10% dari total penjualan ritel untuk pertama kalinya.

Tren belanja online yang terus berkembang berdampak pada penjual ritel online. Karena pedagang harus merangkul e-commerce untuk meningkatkan pertumbuhan penjualan mereka.

Baca Juga: Zara Tutup 1.200 Toko di Seluruh Dunia

Melansir Business Insider, Jumat (19/6/2020), peran marketplace seperti Amazon dapat berkembang lebih lanjut di tahun-tahun mendatang. Sebab marketplace memiliki kemampuan untuk membantu pedagang tanpa sumber daya untuk mengembangkan usahanya sendiri untuk mulai berjualan secara online.

Antara pertumbuhan e-commerce dan teknologi digital baru membuat pergeseran tren pengalaman pembelanjaan masyarakat. Meskipun semakin mudahnya pengalaman berbelanja, namun, masih ada faktor sosial, politik, dan ekonomi yang membuat kekhawatiran resesi.

Baca Juga: Modernisasi Warung Kecil, Bisa Kalahkan Ritel Raksasa? 

Bahkan, eMarketer memperkirakan total penjualan ritel AS diperkirakan akan tumbuh 2,0% menjadi USD5,574 triliun pada tahun 2020, mewakili perlambatan pasar ritel di tengah meningkatnya ketidakpastian ekonomi. Semua faktor ini memaksa bisnis untuk berinovasi tidak seperti sebelumnya karena berisiko kehilangan pelanggan mereka.

eMarketer telah melacak tren di pasar ritel, menganalisis data, dan mewawancarai pakar industri, untuk menyusun laporan penelitian Future of Retail 2020 tahunannya. Di bawah ini adalah pratinjau tren ritel teratas untuk diketahui pada tahun 2020.

belanja online

Berikut adalah tren Ritel pada 2020 dan masa depan:

- Merek dagang buatan pribadi akan menjamur

- Perdagangan online mempercepat transaksi ritel

- Pengiriman barang yang lebih cepat akan mempercepat e-commerce

- Bangkitnya bisnis ritel di e-commerce

- Bangkitnya Rekommerce (Penjualan Kembali Barang Bekas)

- Pembayaran angsuran digital akan lebih populer

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini