Sri Mulyani Sebut Tak Ada Pemotongan Anggaran di Sektor Pertanian

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 22 Juni 2020 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 320 2234505 sri-mulyani-sebut-tak-ada-pemotongan-anggaran-di-sektor-pertanian-rIsX43XM74.jpg Sri Mulyani (Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati memastikan anggaran untuk sektor pertanian tidak dilakukan pemotongan oleh pemerintah. Di mana, dana untuk program ketahanan pangan maupun perluasan pembukaan lahan baru termasuk yang diprioritaskan oleh pemerintah.

"Jadi untuk 2020 dan 2021, meski banyak yang bertanya semua Kementerian Lembaga terpotong karena refocusing. Tapi beberapa untuk yang tertinggi adalah pertanian, kami tetap secure. Tidak dikurangi anggarannya," ujar dia dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, Jakarta, Senin (22/6/2020).

 Baca juga: Apa Kabar Pak Tani di Tengah Covid-19?

Dia juga meminta kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Kementerian Pertanian untuk bisa mengamankan anggaran untuk pembukaan lahan baru yang menjadi prioritas pemerintah di 2021. Dan anggaran fiskal juga akan diberikan mulai pemberian benih pupuk, irigasi dan kenaikan produktivitas

"Pada 2021 itu berkelanjutan, karena pembukaan lahan 2021 itu prioritas tinggi dari presiden dan itu kami secure," ungkap dia.

 Baca juga: Anggaran Irigasi di Lumbung Pangan Baru Rp1,9 Triliun

Sebelumnya, Anggota Komisi XI DPR RI, Bertu Merlas menyayangkan kebijakan pemerintah di sektor pertanian belum cukup menendang. Apalagi, beberapa harga komoditas eskpor sempat mengalami kehancuran atau anjlok mulai dari komoditas andalan CPO, karet, batubara, dan kopi.

Dirinya pun menduga pemerintah tahun ini telah memangkas anggaran untuk sektor pertanian yang dialihfungsikan sebagai dana pemulihan ekonomi.

"Belum kelihatan apa yang telah dilakukan pemerintah di sektor pertanian. Bahkan di APBN kita di PEN pertanian ada pemotonan, gak ada penambahan," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini