Bank Himbara Dapat Rp30 Triliun, Erick Thohir Pastikan Pemulihan Ekonomi Berjalan Baik

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2020 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 320 2235675 bank-himbara-dapat-rp30-triliun-erick-thohir-pastikan-pemulihan-ekonomi-berjalan-baik-FR9T4KCSOa.jpeg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Kementerian BUMN)

JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir memastikan dana pemerintah yang disimpan di bank BUMN akan digunakan untuk memulihkan sektor UMKM. Untuk diketahui, Menteri Keuangan Sri Mulyani memindahkan penempatan uang negara kepada bank-bank BUMN yang tergabung ke dalam Himbara. Pada tahapan pertama, suntikan dana yang diberikan kepada Bank Himbara sebesar Rp30 triliun.

Baca Juga: Akan Diguyur Rp87,5 Triliun, Apa Itu Bank Jangkar?

“Ini adalah sebuah kepercayaan yang diberikan Pemerintah kepada BUMN. Kita semua tahu bahwa BUMN menggerakkan sepertiga dari perekonomian nasional. Kami akan terus melakukan apa yang sudah dilakukan selama ini, yaitu memastikan UMKM baik di desa dan di kota menjadi bergulir kembali,” kata dia dalam konferensi pers di Istana, Rabu (24/6/2020).

Sesuai arahan Presiden, Erick menjelaskan, bank BUMN akan mengutamakan industri padat karya. Meski demikian, pemberian kredit juga bisa diberikan kepada korporasi yang memiliki track record yang baik.

Baca Juga: Sri Mulyani Kumpulkan Bank yang Ingin Jadi Bank Jangkar Minggu Ini 

“Insya Allah kami di Kementerian BUMN bersama dengan Himbara akan memastikan pemulihan ekonomi berjalan dengan baik,” tukasnya.

Sebagai tambahan, landasan hukum penempatan dana di bank umum adalah diatur dalam UU Perbendaharaan Nomor 1 tahun 2004 dan Perppu Nomor 1 tahun 2020 yang sekarang menjadi UU nomor 2 tahun 2020 serta Peraturan Pemerintah Nomor 39 tahun 2007.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini