Pengusaha dan Pedagang Curang Bakal Didenda Rp25 Miliar, Besar atau Kecil?

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 320 2236104 pengusaha-dan-pedagang-curang-bakal-didenda-rp25-miliar-besar-atau-kecil-IzYL3SVw2V.jpg Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Komisi Persaingan Usaha (KPPU) meminta kepada dunia usaha untuk bersikap bersih dalam menjalankan usahanya. Karena ada ancaman hukuman denda Rp25 miliar yang akan dikenakan kepada pelaku usaha yang bermain kotor dalam menjalankan usahannya.

Komisioner KPPU Guntur Syahputra Saragih mengatakan, meskipun begitu, denda yang dikenakan kepada para pelaku usaha ini tergolong rendah. Sebab jika dibandingkan dengan negara lain, denda yang dikenakan kepada pelaku usaha yang nakal justru jauh lebih tinggi.

"Seperti kita ketahui denda di KPPU itu karena ini kan UU dibuat 2019, kalau dibandingkan beberapa negara memang tergolong paling kecil," ujarnya dalam acara live IDX Channel, Kamis (25/6/2020).

Baca Juga: Langgar Aturan Harga Tiket Pesawat, 7 Maskapai Tak Kena Denda Rp25 Miliar 

Menurut Guntur, hal ini pula yang membuat beberapa waktu lalu muncul isu untuk melakukan amandemen kepada Undang-Undang nomor 5 tahun Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Langkah tesebut dilakukan untuk memberikan rasa keadilan kepada para pelaku usaha.

"Makanya beberapa waktu lalu sudah hampir amandemen UU 5 memberikan opsi dari turn over, itu memberikan rasa keadilan," ucapnya.

Baca Juga: 7 Maskapai Langgar Aturan Harga Tiket Pesawat 

Dalam Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker) ini saja, ada poin yang nantinya akan mengatur mengenai denda. Denda yang semula hanya Rp25 miliar ditingkatkan menjadi Rp100 miliar.

"Kemudian UU Ciptaker ini salah satu yang masuk ke omnibus law, ini ditingkatkan dari Rp25 miliar sampai Rp100 miliar," jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini