Ada Maskapai Lokal yang Langgar Penetapan Harga Tiket, Apa Saja?

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 26 Juni 2020 05:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 320 2236467 ada-maskapai-lokal-yang-langgar-penetapan-harga-tiket-apa-saja-gyxmiktbb0.jpg Bandara (Shutterstock)

JAKARTA - Ada sekira 7 maskapai lokal yang melanggar penetapan harga tiket pesawat. Maskapai-maskapai ini terjerat pasal 5 UU Nomor 5 Tahun 1999 soal persaingan usaha.

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengatakan bahwa Maskapai-maskapai ini terjerat pasal 5 UU Nomor 5 Tahun 1999 soal persaingan usaha. KPPU menilai perusahaan melakukan perjanjian yang berujung pada tingginya harga tiket pesawat.

Atas pelanggaran tersebut, KPPU menjatuhkan sanksi berupa perintah kepada para terlapor untuk melakukan pemberitahuan secara tertulis kepada KPPU. Khususnya pada setiap kebijakan mereka yang akan berpengaruh terhadap peta persaingan usaha, harga tiket yang dibayar oleh konsumen, dan masyarakat sebelum kebijakan tersebut dilakukan.

"KPPU memutuskan bahwa seluruh terlapor secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran atas Pasal 5 dalam jasa angkutan udara tersebut," mengutip keterangan tertulis.

 

Baca selengkapnya: 7 Maskapai Langgar Aturan Harga Tiket Pesawat

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini