Share

Edward Tirtanata Ungkap agar Startup Dilirik Para Angel Asing

Fadel Prayoga, Okezone · Jum'at 26 Juni 2020 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 26 320 2236767 edward-tirtanata-ungkap-agar-startup-dilirik-para-angel-asing-nGxJmhnPLA.jpg Startup Dilirik Investor (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kopi Kenangan berhasil meraih pendanaan dari para angel investor asing. Angel investor merupakan istilah yang dipakai para pelaku startup bagi pemodal ventura. Mereka menyuntikkan dana kepada stratup yang dinilai prospektif.

Kedai kopi yang digawangi oleh Edward Tirtanata ini mengumpulkan pendanaan Seri B senilai USD109 juta atau setara dengan Rp1,526 triliun yang dipimpin oleh investor perusahaan saat ini, Sequoia Capital.

Baca Juga: Bos Kopi Kenangan: Jualan Kopi Itu Kualitas bukan Fasilitasnya 

Investor baru pada pendanaan ini termasuk B Capital, Horizons Ventures, Verlinvest, Kunlun, dan Sofina, begitu pula investor pendanaan awal Kopi Kenangan Alpha JWC yang ikut serta dalam pendanaan Seri B ini.

Pendanaan baru ini mengikuti pendanaan Seri A Kopi Kenangan senilai USD20 juta pada Juni 2019 yang dipimpin oleh Sequoia Capital dan pendanaan awal pada 2018 yang dipimpin oleh investor lokal Alpha JWC.

Pada bulan Desember 2019, Kopi Kenangan juga mengumumkan perluasan pendanaan Seri A dengan investasi tambahan dari antara lain Arrive, perusahaan Roc Nation, Serena Ventures, pemain basket ternama Caris LeVert, dan CEO & Co-Founder Sweetgreen Jonathan Neman.

Baca Juga: Bisnis Es Buah Bermodal Rp2 Jutaan, Jangan Lupa Ciptakan Nama yang Unik 

Edward berbagi kisah ihwal bagaimana para investor tertarik menanamkan modal di bisnisnya yang baru berdiri pada 2017 lalu tersebut. Ia menyebut, pemberian dana itu diberikan para investor setelah mereka percaya bahwa usaha yang dijalankannya akan mengahasilkan profit yang tinggi. Sehingga, investor tak ragu untuk membantu pihaknya dalam mengembangkan Kopi Kenangan.

“Kopi Kenangan mendapat investor setelah bisnis kami berjalan bagus dan menghasilkan profit,” kata Edward kepada Okezone, Jumat (26/6/2020).

Dia menjelaskan, investor itu tak hanya menggelontorkan uangnya secara cuma-cuma, melainkan juga memberikan ide-ide bisnis agar Kopi Kenangan terus berkembang dari yang sekarang. Dirinya mengaku siap mewujudkan keinginan dari para investor tersebut.

“Investor juga akan melihat siapa yang mengeksekusi ide bisnis tersebut, apakah pebisnis memiliki kredibilitas dan integritas yang baik,” ujarnya.

Salah satu cita-cita dirinya dalam berbisnis kopi adalah membawa merek Kopi Kenangan bersaing di kancah dunia internasional. Bahkan, ia berencana untuk melakukan penawaran umum perdana saham (IPO) dalam waktu dekat bila pertumbuhan bisnis menunjukkan tren yang positif.

“Selama ini, Indonesia hanya bisa ekspor kopi atau teh sebagai komoditas, kami ingin mengekspor teh dan kopi sebagai brand sehingga ada value added-nya. Selain itu, kami tentu saja juga memiliki mimpi membawa Kopi Kenangan untuk IPO,” kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini