Tenang Ya, Investasi Reksa Dana Tetap Aman

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 27 Juni 2020 17:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 27 278 2237397 tenang-ya-investasi-reksa-dana-tetap-aman-Doyu7X3HuI.jpg Grafik Ekonomi (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Kejaksaan Agung (Kejagung) RI menetapkan 13 manajemen investasi (MI) sebagai tersangka pada kasus Jiwasraya. Menanggapi hal tersebut, Dewan Asosiasi Pelaku Reksa Dana & Investasi Indonesia (APRDI) mengatakan, menghormati proses hukum yang tengah dilakukan oleh Kejaksaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dewan APRDI mengingatkan kembali kepada para investor bahwa setiap portfolio Reksa Dana dikelola secara terpisah antara satu Setiap portfolio Reksa Dana dikelola secara terpisah antara satu Reksa Dana dengan Reksa Dana yang lain. Sehingga permasalahan yang terjadi di sebuah Reksa Dana tidak serta merta berpengaruh pada Reksa Dana lain yang dikelola oleh Manajer Investasi yang sama.

Baca juga: Disomasi Hotman Paris soal Sinarmas, Agen Reksa Dana Bibit Tumbuh Minta Maaf

“Portfolio aset Reksa Dana disimpan dan di administrasikan oleh Bank Kustodian yang merupakan pihak yang independent dan tidak terafiliasi dengan Manajer Investasi, aset Reksa Dana bukan merupakan aset Manajer Investasi maupun Bank Kustodian,” kata Dewan APRDI dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/6/2020).

Dewan APRDI juga menghimbau kepada investor Reksa Dana secara umum untuk bersikap tenang dan bijak dalam mengambil keputusan atas investasi Reksa Dananya. Kemdian, nasabah diminta aktif berkomunikasi dengan Manajer Investasi atau Agen Penjual Reksa Dana yang ditunjuk, untuk memperoleh informasi yang akurat dan benar, sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan investasinya.

Baca juga: Heboh Reksa Dana Sinarmas Vs Bibit: Hotman Paris Jadi Pengacara, Dirutnya Langsung Dicopot

Untuk diketahui, Dewan APRDI adalah organisasi tempat bernaungnya para asosiasi pelaku reksa dana dan investasi di Indonesia. Anggota Dewan APRDI terdiri dari Asosiasi Manajer Investasi Indonesia 92 perusahaan MI, Asosiasi Bank Kustodian Indonesia 21 bank custodian, Asosiasi Bank Agen Penjual Efek Reksa Dana Indonesia 22 bank agen penjual, Perkumpulan Wakil Manajer Investasi Indonesia 1300an orang pemegang WMI, Asosiasi Penasihat Investasi Indonesia 18 orang/perusahaan penasihat investasi, Perkumpulan Agen Penjual Efek Reksa Dana On-Line 15 digital platform.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini