Tertarik Bisnis Hidroponik? Ini Modal yang Harus Disiapkan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 27 Juni 2020 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 27 320 2237265 tertarik-bisnis-hidroponik-ini-modal-yang-harus-disiapkan-Zgs5ZgpYlJ.jpg Tanaman Hidroponik (Foto: Diy Aquarium Aquaponics System)

JAKARTA – Belakangan ini tren budidaya tanaman hidroponik sedang menjadi pilihan masyarakat Indonesia yang ingin berbisnis di bidang pertanian. Pasalnya, keuntungan yang didapat dari berbisnis itu terbilang cukup menggiurkan bagi para pengusaha pemula.

Pengertian hidroponik berasal dari asal kata hydro yang berarti air dan ponous berarti kerja. Jika digabungkan hidroponik yaitu sebuah teknologi baru dalam bidang pertanian yang sistem cara kerja bertanam tumbuhan menggunakan media air, nutrisi dan oksigen.

Baca Juga: Edward Tirtanata Akui Bisnis Kopi Lesu, Tapi via Daring Naik 50%

Bagi seseorang yang berniat untuk membuka usaha buah-buahan dan sayuran dengan sistem hidroponik tak perlu pusing mencari tempat untuk memulai bisnisnya. Sebab, mereka cukup memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumahnya.

Dirut PT Nudira Sumberdaya Indonesia, Nursyamsu Mahyudin bila seorang pengusaha pemula yang memanfaatkan tempat kosong di rumahnya, diperkirakan modal yang dibutuhkan hanya sebesar Rp 2 juta hingga Rp20 juta.

Baca Juga: Bos Kopi Kenangan: Jualan Kopi Itu Kualitas bukan Fasilitasnya

“Kemudian ada yang level pemula, (modalnya) itu Rp20 juta hingga Rp200 juta. Ditanam di rumah, di teras,” kata Nursyamsu dalam diskusi virtual, Jumat 26 Juni 2020.

Apabila usaha yang dirintis dari rumahan itu sudah mengalami perkembangan yang positif, maka dia bisa menaikkan menambahkan modalnya untuk menaikkan hasil produksinya. Di antaranya dengan membeli sebuah tanah yang akan dijadikan suatu tempat bercocok tanam. Lalu, setelahnya membangun sebuah ruangan atau yang kerap disebut green house.

“Yang sudah pake green house itu sdh masuk ke angka ratusan juta. Modalnya berkisar antara Rp200 juta hingga Rp1 miliar,” ujarnya.

Ia menambahkan, bila pebisnis hidroponik merasa sudah memiliki pengalaman yang cukup untuk memperbesar usahanya, yakni menambah jumlah pegawai dai memperluas green house, maka mereka harus mempersiapkan dana minimal sebesar Rp1 miliar.

“Kalau sudah komersial besar tentu modal yang dibutuhkan di atas Rp1 miliar,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini