PSBB, Penjualan BBM Pertamina Anjlok 50%

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 320 2238129 psbb-penjualan-bbm-pertamina-anjlok-50-okLW2GERTz.jpg BBM Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mengaku mengalami penurunan pada penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) akibat pandemi virus corona. Hingga saat ini, secara nasional penjualan BBM mengalami penurunan 25% hingga 26,5%

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, pandemi virus corona membuat penjualan mengalami tekanan. Berdasarkan data paparan, pada periode April-Juni rata-rata harian penjualan BBM retail turun sebesar 26,5% dibanding hari normal.

 Baca juga: Selain Listrik, Subsidi Solar Turun Rp500/Liter pada 2021

"Prognosis sampai akhir tahun ada penurunan secara nasional 25%," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI, Senin (29/6/2020).

Untuk BBM industri dan aviasi secara keseluruhan, rata-rata penjualan April-Juni 2020 turun 24% dibanding rata-rata penjualan Januari-Februari 2020. Hal ini sesuai dengan skenario pemerintah untuk rpagnosa tahun ini

 Baca juga: Ini Perbandingan Harga BBM Indonesia dengan Malaysia hingga Singapura

Menurut Nicke, salah satu yang dampaknya paling terasa ada penjualan di kota-kota besar di Indonesia. Misalya di DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat hingga Jawa Timur.

Sebab, di kota-kota besar di pulau Jawa itu menerpakan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini cukup berpengaruh karena mobilitas masyarakat dibatasi untuk mencegah penularan virus corona di Indonesia.

"Daerah-daerah kota besar yang mengalami PSBB (penurunan penjualan BBM-nya) hampir 50%," jelasnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini