Bos Pertamina: IPO, Salah Satu Opsi Cari Pendanaan

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 17:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 320 2238297 bos-pertamina-ipo-salah-satu-opsi-cari-pendanaan-Wabr9DerCU.jpg Dirut Pertamina Nicke Widyawati. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) buka-bukaan tentang wacana melakukan Initial Public Offering (IPO) pada sub-holdingnya. Hal ini juga sebagai respons arahan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, IPO menjadi salah satu opsi untuk mencari pendanaan. Meskipun ada beberapa opsi pendanaan lainnya yang bisa ditempuh oleh perseroan. Seperti, mencari pendanaan dengan menerbitkan surat utang.

Baca Juga: Cuma IPO Anak-Cucu Usaha, Pertamina Bantah Jual Aset

Lalu, pendanaan dengan mencari mitra dalam menggarap proyek (equity partnership) dan program pembiayaan lainya.

"IPO hanya salah satu opsi untuk mencari pendanaan. Ada juga global bond, program finannci, equity partnership. Itu cara aja bukan tujuan," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI di Gedung DPR-RI, Jakarta, Senin (29/6/2020).

Baca Juga: Waduh, Total Utang Pemerintah ke Pertamina Tembus Rp96,5 Triliun

Saat ini, Pertamina melakukan perubahan organisasi beberapa waktu lalu. Seperti diketahui, Kementerian BUMN merombak jajaran dengan hanya menyisakan enam direksi saja.

"Jadi kalau dilihat, tim yang ada sekarang ketika membentuk, direksi yang ada itu masih ada digrup kok. Ada dua hal, strukturnya di atas turun ke bawah. Itu gak ada yang hilang," jelasnya.

Namun yang dilakukan hanya perombakan struktur organisasi. Sementara orang-orangnya masih diisi oleh nama-nama lama karena sebagai dasar untuk menuju IPO.

"Lalu continue, perubahan struktur berubah semua. Oleh karena itu, orangnya sama, menangani hal yang sama. Memang diupstream beda. Tapi dibawahnya sama," ucapnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini