Bank Himbara Dapat Penempatan Dana Negara Rp30 Triliun, Daya Beli Bisa Meningkat?

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 30 Juni 2020 11:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 30 320 2238667 bank-himbara-dapat-penempatan-dana-negara-rp30-triliun-daya-beli-bisa-meningkat-a5NKjcZGvF.jpg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah menempatkan dana sebesar Rp30 triliun di perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Himbara. Dana tersebut diperuntukkan guna menyalurkan kredit produktif padat karya, ketahanan pangan dan mendukung sistem logistik nasional.

Pemberian dana terebut sangat penting untuk menggerakkan sektor riil dan juga meningkatkan daya beli. Sebab kucuran dana ini bisa memberikan modal kerja kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi covid-19.

"Penempatan Dana Negara senilai 30 T Ke himbara sesuai PMK No.70/2020 Harus diberikan kemudahan Pengucuran modal kerja Baru bagi UMKM dan Entrepreneur sehingga mendorong Pergerakan sektor riil dan Daya beli Masyarakat," ujarnya mengutip keterangan tertulis, Selasa (30/6/2020).

Baca juga: Siapa yang Menjadi Penyelamat Ekonomi di Tengah Corona?

Menurut Kamrussamad, selain untuk mendongkrak daya beli juga bantuan ini bisa memperkuat ketahanan pangan nasional. Apalagi, pemerintah juga saat ini tengah fokus memperkuat ketahanan pangan nasional di tengah pandemi ini.

"Rencana Pemerintah dalam menjaga ketahanan Pangan Nasional menjadi Prioritas utama dinilai Sudah tepat," ucapnya.

Salah satu bukti dari fokus pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan adalah dengan membangun lumbung pangan baru di Kalimantan. Bahkan, Kalimantan nantinya juga akan disediakan lahan sawah baru.

Baca juga: Masyarakat RI Tak Bisa Tunda New Normal

"Food estate di kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah diharapkan menjadi faktor Bagi generasi Muda menjadi entrepreneur sektor agrobisnis," jelasnya.

Kamrussamad berharap agar lokasi food estate ini bisa diperluas keberadaannya. Sehingga menjadi faktor Pendorong meningkatnya Produksi Pangan nasional serta menciptakan lapangan kerja Baru

"Sebaiknya lokasi food estate dibuat Setiap zona kepulauan seperti zona Sumatra ditempatkan di Bengkulu, zona Sulawesi ditempatkan Sulawesi Barat, zona Jawa Bali ditempatkan di NTB, zona Papua Maluku ditempatkan di Ternate. Bukan hanya di Kalimantan Tengah," jelasnya.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini