Penjualan Sapi Lesu Jelang Idul Adha, Peternak 'Gigit Jari'

Fuji Mustopan, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 11:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 320 2242377 penjualan-sapi-lesu-jelang-idul-adha-peternak-gigit-jari-GRgdhzwqKG.jpg Sapi Kurban (Foto: Okezone)

SAMARINDA - Jelang Lebaran Idul Adha angka penjualan ternak sapi masih rendah. Rendahnya daya beli ini membuat peternak sapi kurban di salah satu sentral peternakan sapi di Lubuk Sawa Samarinda diliputi kekhawatiran.

Aktivitas yang dilalukan anggota kelompok peternak sapi di Kelurahan Mugirejo, Samarinda setiap hari masing-masing peternak harus menyediakan pakan segar untuk sapi-sapi peliharaannya. Hal ini rutin dilakukan agar sapi tetap sehat dan gemuk.

Baca Juga: Bangga, 12 Ton Lidi Nipah Asal Babel 'Mejeng' di Nepal

Hanya saja di tengah upaya yang dilakukan peternak kini mereka tengah diliputi keresahan dan kekhawatiran akibat rendahnya daya beli masyarakat yang diduga dipengaruhi oleh wabah covid-19. Kekhawatiran tersebut muncul akibat angka penjualan sapi ternak yang dirasa menurun drastis.

Bahkan sebulan sebelum Lebaran Idul Adha, angka penjualan di kawasan peternakan ini masih berada di kisaran di bawah 30% dari total 278 ekor sapi yang dipelihara.

Baca Juga: Penjual Mobil Bekas Terancam Bangkrut Gara-Gara Covid-19

Salah satu Peternak Sapi Gunawan Wibisono menjelaskan, biasanya sebulan jelang Lebaran Idul Adha angka penjualan sapi ternak sudah mencapai lebih dari 50% dan sebelum Lebaran seluruh ternak yang dipelihara ini habis terjual.

sapi

Menurutnya, rendahnya angka penjualan sapi membuat peternak kini terancam merugi lantaran biaya pemeliharaan yang cukup tinggi.

Di sisa waktu yang ada peternak berharap sapi-sapi peliharaannya itu terjual habis sebelum lebaran tiba. Harapan ini begitu diinginkan agar bayang-bayang kerugian tidak sampai terwujud.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini