Mau Buat Startup? Pahami Dulu Sumber Dananya dari Mana

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 04:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 320 2242676 mau-buat-startup-pahami-dulu-sumber-dananya-dari-mana-ZSv6WhPaxv.jpg Cara Memulai Bisnis Baru. (Foto: Okezone.com/Financialexpress).

JAKARTA - Merintis perusahaan baru atau startup memerlukan sebuah modal berupa dana. Ada berbagai sumber daya yang bisa digunakan untuk membangun startup, seperti dana hibah, crowdfund hingga keluarga dan teman.

Sebagai pelaku usaha yang akan memulainya, modal ini harus dipahami karena sebagai awal untuk menjalankan bisnis. Misalnya menggunakan crowdfund, ini cara tercepat jika ingin mendapatkan keuangan untuk bisnis baru.

Pelaku bisnis dalam tahap ini tidak dipaksakan memahami teknologi, tetapi sangat dibutuhkan adalah kampanye produk yang menarik untuk menaikkan pertumbuhan bisnis. Cara ini bisa menarik minat tinggi para konsumen, namun kesulitannya produk harus dikenal lebih meluas di pasaran.

Selain itu, mendapat dana dengan memilih keluarga dan teman mungkin bisa jadi solusi. Namun bisa jadi hal ini juga menjadi penyebab pertengkaran.

Bunga yang diberikan oleh keluarga atau teman memang tidak sebanyak bunga yang diberikan oleh kreditur lainnya, tapi kembali lagi kepada keputusan masing-masing.

Baca Selengkapnya: Butuh Modal Bangun Startup? Ini 6 Sumber Pendanaannya

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini