Share

Butuh Modal Bangun Startup? Ini 6 Sumber Pendanaannya

Natasha Oktalia, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 320 2242447 butuh-modal-bangun-startup-ini-6-sumber-pendanaannya-JVKPdusjyV.jpeg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Untuk memulai suatu bisnis, baik dalam skala besar dan kecil tentunya hal terpenting yang harus disediakan adalah modal atau pendanaan. Tanpa adanya modal bisnis tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk itu, pelaku usaha juga harus memahami bagaimana caranya mendapatkan bantuan dukungan pendanaan untuk ide awal bisnis. Berikut adalah sumber dana yang bisa digunakan dalam membangun startup, dilansir dari Forbes, Jakarta, Selasa (7/7/2020)

1. Dana Hibah

Dana hibah bisa dipersiapkan untuk memulai menjalankan bisnis startup. Saat ini sudah banyak dana hibah yang ditawarkan oleh pemerintah nasional dan beberapa perusahaan swasta lainnya. Dana ini dapat dijadikan pilihan sebagai pendanaan bisnis startup. Suntikan dana ini dapat menghemat beberapa pengeluaran yang ada.

Baca juga: 5 Tipe Kelola Keuangan Keluarga, Pilih Tipe Gaji Suami 100% untuk Istri atau Fifty-Fifty?

2. Crowdfund

Cara ini merupakan cara tercepat jika ingin mendapatkan keuangan untuk bisnis yang baru ingin dijalankan. Pelaku bisnis dalam tahap ini tidak dipaksakan untuk memahami teknologi, tetapi yang sangat dibutuhkan adalah kampanye produk yang menarik untuk menaikkan pertumbuhan bisnis. Cara ini bisa menarik minat tinggi para konsumen,namun kesulitannya adalah produk harus dikenal lebih meluas di pasaran.

3. Keluarga dan teman

Sebagai pelaku bisnis, cenderung akan memilih meminjam uang kepada lingkup terdekat. Solusi untuk memilih keluarga dan teman mungkin dapat dipilih, namun bisa jadi hal ini juga menjadi penyebab pertengkaran. Bunga yang diberikan oleh keluarga atau teman memang tidak sebanyak bunga yang diberikan oleh kreditur lainnya, tapi kembali lagi kepada keputusan masing-masing.

4. Mendapatkan Angel investor

Angel investor yang dimaksud adalah sejumlah investor lokal yang menyuntikkan sejumlah dana kepada startup. Sering ditemui, investor jenis ini akan menawarkan sejumlah dana dan bimbingan sampingan untuk menjalankan usaha.

Baca juga: Kenali Konsep YOLO, Cara Kelola Pengeluaran Sebelum Menyesal

5. Uang pribadi

Banyak perusahaan startup yang berdiri tanpa menggunakan pinjaman hibah atau semacamnya. Dalam artian mereka berdiri dengan pendaanan memanfaatkan uang pribadi. Sebagai pemilik usaha tersebut keuntungannya adalah dapat memegang kekuasaan dan kendali secara penuh.

6. Pinjaman bank

Keuntungan dari pilihan ini adalah sebagai pemegang kendali bisnis dapat mempertahankan ekuitas secara penuh dan berhak mendapatkan dana dalam jumlah besar, jelas dapat membangun kredit kembali. Namun, dibalik kemudahan tersebut terdapat beberapa kekurangan diantara lain, harus membayar penuh kembali atas dana sebelumnya ditambah dengan bunga.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini