Ajukan Dana Talangan Rp3 Triliun, Krakatau Steel Ingin Selamatkan Industri Baja

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 21:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 320 2243379 ajukan-dana-talangan-rp3-triliun-krakatau-steel-ingin-selamatkan-industri-baja-7aQLDvd2b8.jpg Krakatau Steel Jelaskan Penggunaan Dana Talangan Rp3 Triliun. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Krakatau Steel (Persero) mengajukan dana talangan sebesar Rp3 triliun yang akan masuk ke dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dana ini digunakan untuk menekan dampak covid-19 pada industri baja di dalam negeri dan turunannya.

Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim mengatakan, dana talangan tersebut digunakan untuk membantu industri hulu dan hilir baja. Khususnya para pelaku industri baja kecil yang sangat terdampak akibat pandemi virus Corona.

"Kita hitung sebesar USD200 juta dolar atau Rp3 triliun. Angka itu yang kita usulkan ke dalam rapat antara Krakatau Steel, Kementerian Keuangan, dan Kementerian BUMN," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (8/7/2020).

Baca Juga: Dirut Krakatau Steel Lepas 5,4 Juta Saham, Ini Alasannya

Menurut Silmy, dampak pandemi virus Corona sudah mulai terasa dampaknya. Pada triwulan kedua ini saja sudah terjadi penurunan permintaan baja hingga 60%.

"Kita pertahankan supaya mereka tidak mati," ucapnya.

Selain itu, pemberian dana talangan juga dinilai sebagai relaksasi kepada hilir. Sehingga perusahaan baja di sektor hilir ini memiliki kelonggaran ketika hendak mengorder bahan baku dari ke emiten berkode KRAS tersebut.

Baca Juga: Terdampak Corona, Bisnis Krakatau Steel Mulai Lesu

Silmy menambahkan, dana talangan ini diajukan juga untuk menjaga kesehatan keuangan perusahaan. Sehingga, tren kinerja positif di Kuartal I-2020 ini bisa dilanjutkan agar tidak kembali merugi.

"Jangan sampai restrukturisasi hutang yang sudah dilakukan dan kita sudah mewujudkan laba di kuartal I tapi karena covid terganggu dan pada akhirnya mengakibatkan industri, khususnya baja, bisa kolaps," kata Silmy.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini