UMKM Go Digital, Pelajari Hal Ini Sebelum Jualan

Michelle Natalia, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 320 2244427 umkm-go-digital-pelajari-hal-ini-sebelum-jualan-vaR371JCp5.jpg UMKM (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan target digitalisasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebanyak 10 juta UKM di tahun 2020.

Berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), hingga saat ini baru 8 juta UKM yang telah terdigitalisasi.

"Pelaku UKM yang sudah ada di marketplace harus bertahan dan memiliki transaksi yang berkelanjutan. Dari data yang kami terima, kegagalan UKM di marketplace adalah karena produk dan pelaku yang belum siap, di mana pelaku UKM tidak dapat dihubungi oleh konsumen dan produknya belum siap online," ujar Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Ahmad Zabadi dalam acara Koperasi dan UMKM Go Digital Di Era New Normal di Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Baca Juga: Baca Dulu, Ini Standardisasi dan Sertifikasi Gratis bagi Produk KUMKM 

Dia menyampaikan, perubahan perilaku konsumen dengan membatasi interaksi fisik dan mengurangi aktivitas di luar rumah terbukti dapat memberi peluang lebih besar kepada UMKM yang sudah terhubung dengan ekosistem digital untuk bertahan atau bahkan melaju di tengah pandemi Covid-19.

"Sayangnya, peluang tersebut belum dimanfaatkan secara optimal oleh UMKM, karena dari sekitar 64 juta populasi UMKM di Indonesia, baru 13% saja yang terhubung ke ekosistem digital," lanjut Zabadi.

Baca Juga: 780 Perusahaan Bangkrut, Jepang Krisis Ekonomi 

Oleh karena itu, sambungnya, perlu keterlibatan pemerintah dan berbagai pihak untuk meningkatkan literasi manfaat UMKM masuk ke ekosistem digital dan inkubasi untuk mengakselerasi kesiapan UMKM.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini