Tegas ke Anak Buah, Mentan: Tak Ada Hari Libur

Michelle Natalia, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 320 2245560 tegas-ke-anak-buah-mentan-tak-ada-hari-libur-KOdKrgc2QR.jpg Menteri Pertanian Syahrul Limpo (Okezone)

JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengingatkan anak buahnya agar sering turun ke lapangan. Terutama, untuk eselon I dan II.

Hal ini disampaikannya dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan) Nasional 2020. Di mana, berlangsung selama lima hari pada 13-17 Juli 2020 telah dibuka oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

 Baca juga: Kalung Antivirus Corona Kantongi Izin Edar sebagai Jamu

"Saya berharap semuanya disiplin aturan yang ada, dan tidak ada istilah hari libur atau hari Minggu. Kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) saya harap tidak ada hari Minggu bagi seorang Dirjen ini yang tidak ke lapangan, khususnya untuk mengecek beberapa bulan terakhir. Untuk eselon II yang ada di Jakarta, tidak ada Minggu, orang ke daerah lihatlah apa yang ada," ujar Syahrul di Jakarta, Senin (13/7/2020).

Ia meminta hal ini diterapkan, agar jika ada permasalahan di lapangan, bisa teratasi dengan lebih cepat. Dalam hal ini, sangat diperlukan koordinasi dengan daerah untuk mengatasi masalah pertanian yang muncul.

 Baca juga: Kementan Siapkan Strategi Hadapi Dampak Covid-19, Ini Rinciannya

"Untuk masalah pertanian, solusinya adalah respons yang paling cepat, itu di level kecamatan, bukan yang bersifat nasional. Pendekatan ke daerah ini lah yang menjadi penting karena disitulah informasi yang lebih cepat, terkait bagaimana kondisinya, yang ditanam berapa ribu, yang belum ditanam berapa, yang belum dipupuk berapa," jelas Syahrul.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan Indonesia, sektor pertanian dinilai memiliki peranan yang sangat penting. Oleh karenanya, Syahrul meminta kepada jajarannya untuk bekerja ekstra dan melakukan akselerasi di lapangan.

"Sektor pertanian memegang peranan strategis, salah satunya dalam penyediaan pangan. Upaya keras pemerintah melalui Kementan adalah penyediaan pangan yang cukup bagi penduduk," pungkasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini