Punya 1,4 Juta Ton, Stok Beras di RI Aman Selama Covid-19?

Aditya Pratama, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 320 2246064 punya-1-4-juta-ton-stok-beras-di-ri-aman-selama-covid-19-dedgfyei2a.jpg Ilustasi Beras (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso menyebut stok beras yang berada di gudang Bulog dalam kondisi aman di tengah pandemi Covid-19. Adapun, stok beras mencapai 1,42 juta ton yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Stok yang ada di Bulog aman ya karena hari ini masih 1,42 juta ton (beras) yang ada di Bulog tersebar di seluruh Indonesia," ujar Buwas, sapaan akrabnya, dalam acara Market Review IDX Channel, Selasa (14/7/2020).

Baca Juga: Belum Lunas, Pemerintah Baru Bayar Utang Rp556 Miliar ke Bulog 

Buwas menambahkan, selain menyerap komoditas beras, pihaknya juga saat ini menyerap gabah dari beberapa wilayah yang masih terdapat panen. Artinya, stok beras masih aman dan diprediksi hingga akhir tahun 2020.

"Kalau bicara stok relatif masih aman. Prediksi kita sampai Desember tahun ini relatif aman," kata dia.

Baca Juga: Buwas Ingin Segera Pecat 100 Karyawan Bulog yang Terindikasi Mafia Beras 

Untuk memastikan penyebaran yang merata, mantan Kabareskrim Polri ini menyebut pihaknya telah menghitung berdasarkan kebutuhan setiap wilayah dengan jumlah penduduknya. Hal ini sesuai dengan tiga pilar tugas Bulog di antaranya keterjangkauan, ketersediaan dan stabilisasi harga.

"Jadi, kita mengikuti terus perkembangan per wilayah, baik provinsi maupun kabupaten. Karena Bulog ini merupakan cadangan, kita juga untuk mengendalikan kesiapan pangan di seluruh Indonesia, buktinya sampai hari ini tidak ada satu wilayah pun di Indonesia yang kekurangan pangan karena Bulog ada dimana mana," ucap Buwas.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini