Stres Meningkat? Begini 5 Cara Bangun Healing Space di Rumah

Natasha Oktalia, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 470 2246156 stres-meningkat-begini-5-cara-bangun-healing-space-di-rumah-CPivgfU2JE.jpg Rumah (Reuters)

JAKARTA - Rumah memang menjadi tempat paling nyaman bagi setiap individu. Selain untuk beristirahat, rumah juga dapat digunakan sebagai "healing space" atau ruang untuk rehat bagi diri sendiri.

"Sains sudah membuktikan bahwa lingkungan yang sehat sangat baik bagi kesehatan. Kitapun bisa mendesain rumah kita menjadi ‘healing space’ agar rumah -lebih dari sekedar tempat makan & tidur- bisa menjadi tempat dimana kita dapat menenangkan diri & melepas diri dari stres.

 Baca juga: WHO Sebut Penyebaran Covid-19 Lewat Airborne, Terapkan Ventilasi Silang untuk Atur Udara

Seperti yang dikutip dari akun Instagram miliknya Nikenuniverse, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Berikut lima trik tersebut.

 

1. Kelilingi diri dengan alam

Cahaya matahari memang menjadi elemen penting dari suatu rumah, biarkan sinar matahari menyinari seisi ruang dirumah. Tentunya sembari menikmati pemandangan di halaman kecil rumah. Dilengkapi dengan pemasangan wall decor yang bertemakan alam dan letakan sejumlah bunga atau tanaman cantik di dalam rumah.

 Baca juga: Perencanaan Rumah dengan Prediksi Jumlah Anggota Keluarga Terus Bertambah

2. Dekor ruang dengan penuh arti

Memenuhi dekorasi ruangan dengan barang yang mempunyai arti khusus bagi diri masing-masing. Bisa jadi dengan barang yang memiliki arti atau kenangan, misal foto keluarga, simbol religius atau hasil karya seni buatan sendiri.

3. Sederhanakan hidup

Fokuskan pemilihan barang dengan kebutuhan dan jangan bersifat konsumtif. Alangkah baiknya pula dengan mengurangi barang yang berlebih, teratur dalam membersihkan ruang/rumah dan tentunya sediakan ruang untuk refleksi diri.

 Baca juga: Ingin Hidup Hemat Listrik, Bisa Dimulai dari Pompa Air

4. Pilih warna yang tepat

Pilih warna sesuai dengan kepribadian, agar rumah tersebut dapat merefleksikan diri penghuninya. Tentunya dengan hal tersebut, rumah akan menjadi semakin nyaman.

5. Dekor kamar agar rapi dan lighting temaram

Kamar merupakan ruang yang sangat bersifat pribadi. Kamar tidur yang temaram dapat membantu tidur menjadi rileks dan nyenyak. Jangan lupa untuk menggunakan sprei yang lembut agar lebih nyaman.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini