Digitalisasi UMKM, Perhatikan Hal Ini Sebelum Jualan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 320 2246779 digitalisasi-umkm-perhatikan-hal-ini-sebelum-jualan-IVUDeOliNg.jpg UMKM (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus mengubah haluan bisnisnya. Dari yang semula menjalani usaha tatap muka, kini mereka harus merambah pasar daring agar tetap bisa bertahan di era new normal.

“New normal, digitalisasi adalah penting. Kita lakukan literasi digital melalui berbagai kanal. Kita punya website yang bisa diakses portalnya,” kata Asisten Deputi Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Destry Anna Sari dalam diskusi virtual, Rabu (15/7/2020).

Dia menilai selama ini yang masuk ke pasar online yaitu hanya para penjual lepas yang mengambil keuntungan dari menjual produk dari para pebisnis UMKM. Pemerintah akan mendorong pelaku UMKM untuk merambah pasar tersebut.

Baca Juga: Kabar Baik, Sri Mulyani Buka Peluang Gratiskan Pajak UMKM hingga Desember

“Karena banyak yang masuk market place sebagai reseller bukan produsen. Ini yang akan kita dorong. Kami membantu usaha mikro yang siap masuk ke program digital,” ujarnya.

Dia menyebut ketika mereka masuk ke pasar daring, maka harus memiliki standar produk agar barangnya bisa bersaing dengan pedagang lainnya. Lalu, kebersihan dan kesehatan dari produk yang dijual juga harus menjadi perhatian dari pelaku UMKM.

Baca Juga: Baru 8,7% Pajak UMKM yang Ditanggung Pemerintah

“Perlu standarisasi global, karena ada produk impor yang masuk ke negara kita. Kalau tidak memenuhi standar akan bermasalah,” kata dia.

Dia menambahkan, para produsen pun harus melihat produk yang sedang diincar konsumen di pasar daring. Sehingga, diharapkan tak membuat barang yang tidak menjadi pilihan masyarakat dalam memasuki era new normal nanti.

“Perlu strategi : mengenali konsumen, utilisasi kapasitas melalui produk dan jasa, komunikasikan keunggulan. Kalau tidak dipromosikan tidak ada yang tahu,” katanya.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini