Terungkap, Ini Bilang Keladi Penghambat UMKM Go Digital

Aditya Pratama, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 320 2247558 terungkap-ini-bilang-keladi-penghambat-umkm-go-digital-fIO6wYupVh.jpg Pelaku UMKM (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM menyebut terdapat beberapa faktor yang memengaruhi lambatnya pertumbuhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang melakukan tranaformasi ke digital. Pasalnya, terdapat proses adopsi digitalisasi UMKM yang mana tidak semua pelaku usaha mau melakukan hal tersebut.

Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata mengatakan, ada beberapa pelaku UMKM yang merasa tidak cocok mengadopsi sistem digital kepada usaha yang dijalankan.

"Kita juga harus melihat di sektor mana adaptasi ini terjadi lebih besar, tentunya ini akan terjadi lebih besar kalau mereka sudah familiar dengan dunia digital, misalnya dia sudah menggunakan smartphone, atau sudah biasa browsing internet atau sudah berjualan melalui sosial media," ujar Leonard dalam acara Webinar on Tv IDX Channel, Kamis (16/7/2020).

Baca Juga: Lido Bogor Bakal Jadi KEK Pariwisata Pertama di Jabar 

Dia menambahkan, jika sudah tertanam kebiasaan pelaku UMKM memanfaatkan dunia digital maka proses adaptasi akan lebih cepat dibanding pelaku usaha yang berasal dari konvensional atau offline.

"Adaptasi ini memang membutuhkan waktu dan proses, oleh karenanya on boarding yang masif itu sangat ditentukan sekali dan ini harus didorong oleh semua pihak," kata dia.

Baca Juga: Badung Capai Kemandirian Fiskal Sangat Mandiri, Kalahkan Bekasi dan Bogor 

Leonard menyebut bahwa Kementerian Koperasi dan UKM optimis bisa menjalankan target pertumbuhan UMKM go digital yang ditargetkan oleh Presiden Joko Widodo mencapai 10 juta UMKM di akhir tahun 2020.

"Lita sekarang sudah di titik sebelum pandemi 8 juta, sebentar lagi mungkin kita akan mencapai titik itu dan harapannya memang setelah ini terus berlanjut karena sudah menjadi kebutuhan," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini