Investor Saham di AS Tunggu Kepastian Vaksin Covid-19 hingga Stimulus

Aditya Pratama, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 278 2248984 investor-saham-di-as-tunggu-kepastian-vaksin-covid-19-hingga-stimulus-vOlK20RxZl.jpeg Waspada Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Head of Research MNC Sekuritas Edwin Sebayang menyebut Pasar Saham Amerika Serikat (AS) mengalami perkembangan yang cukup baik. Perkembangan itu diiringi dengan penelitian penemuan vaksin Covid-19 dan peningkatan jumlah pasien positif Covid-19.

Edwin mengatakan, saham-saham di bidang teknologi yang saat ini yang memimpin pergerakan market AS saat ini, meskipun indeks Dow Jones beberapa saat lalu sempat mengalami penurunan, tetapi indeks Nasdaq terus mengalami kenaikan.

Baca juga: TikTok Terancam Diblokir AS, Pesaing Mulai 'Unjuk Gigi'

"Jadi, ini agak ketolong karena mereka juga sedang menunggu bukan hanya perkembangan dari vaksin, tapi juga termasuk stimulus dan laporan keuangan kuartal II, itu yang mendrive Dow Jones kemarin," ujar Edwin dalam acara Market Opening IDX Channel, Senin (20/7/2020).

Dia menambahkan, karena AS lebih cepat dalam melakukan lockdown atau karantina wilayah akibat pandemi Covid-19, maka negeri Paman Sam telah memperkirakan bahwa ekonomi mereka akan mengalami penurunan di kuartal I dan II 2020.

Baca juga; Rekor Penjualan Ritel AS, Trump: Tertinggi Sepanjang Masa!

"Tapi justru kuartal III mereka akan mengalami kenaikan apalagi pemerintah terus mensupport dengan beberapa paket stimulus dan sekarang sedang nunggu paket stimulus tambahan dan mereka akan menyuntik lagi," ucapnya.

"Jadi, memang pemerintah AS benar-benar totally fokus untuk menolong ekonomi mereka," sambungnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini