Share

Vaksin Corona dari China Bakal Didistribusikan Maret 2021, Ini Penjelasan Bos Indofarma

Fadel Prayoga, Okezone · Senin 20 Juli 2020 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 320 2249296 vaksin-corona-dari-china-bakal-didistribusikan-maret-2021-ini-penjelasan-bos-indofarma-TmdcV8PrXP.jpg Dirut Indofarma soal Vaksin Virus Corona (Foto: Okezone/Fadel)

JAKARTA - Indonesia menerima kiriman vaksin virus corona buatan perusahaan China, Sinovac Biotech. Vaksin itu ditargetkan didistribusikan ke seluruh wilayah di Tanah Air sekira bulan Februari atau Maret tahun 2021.

"Kalau rencana awalnya paling cepat bisa diproduksi triwulan 1, sekitar Februari atau Maret. Mudah-mudahan kita bisa mulai di bulan itu juga," kata Direktur Utama PT Indofarma Tbk Arief Pramuhanto di kawasan Jakarta Pusat, Senin (20/7/2020).

Baca Juga: Kabar Baik! Vaksin Covid-19 Tiba di Indonesia, Ini Pernyataan Kemenkes 

Dia menjelaskan, pihaknya akan menggandeng BUMN lainnya yang bergerak di bidang farmasi, yaitu PT Kimia Farma Tbk.

"Selama ini kami dengan PT Kimia Farma 50:50. Jadi nanti tinggal bagi-bagi wilayahnya aja. Selama ini vaksinnya dari Bio Farma itu melalui Kimia Farma dan Indofarma," ujarnya.

Baca Juga: Indonesia Terima Kiriman Vaksin Covid-19 dari China

Virus Corona

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sebelumnya, Pejabat Pelaksana Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah mengatakan vaksin itu telah tiba di Indonesia pada Minggu 19 Juli 2020.

"Betul sudah tiba kemarin,” kata Faizasyah saat dihubungi Okezone, hari ini.

Namun, dia tidak mengungkap detail lebih rinci dari pengiriman vaksin tersebut.

Vaksin buatan Sinovac merupakan salah satu kandidat terdepan dalam upaya pengobatan virus corona. Vaksin itu telah memasuki uji coba fase III pada awal Juli dan menjadi salah satu vaksin yang akan memasuki uji coba tahap akhir.

Di Indonesia, Sinovac Biotech bekerja sama dengan Biofarma untuk melakukan uji coba tahap III, untuk melihat tingkat keampuhannya. Selain Indonesia, vaksin itu juga akan dikirimkan ke Brasil dan beberapa negara Eropa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini