Gajian Full Bebas Pajak Ternyata Belum Bisa Dirasakan, Gimana Nih?

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2020 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 20 2251615 gajian-full-bebas-pajak-ternyata-belum-bisa-dirasakan-gimana-nih-nxLHSNEteL.jpeg Pajak (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Direktorat Jendral Pajak (DJP) telah memberikan Insentif PPh Pasal 21 atau gajian bebas pajak bagi masyarakat kelas menengah yang terimbas pandemi Covid-19.

Namun insentif pajak ini mendapatkan beberapa kendala yang dihadapi. Hal ini seiring pendataan dan administrasi yang masih belum tepat sehingga belum bisa dirasakan oleh masyarakat kelas menengah.

"Kalau kita lihat memang ada kendala karena masalah teknis, masalah administrasi, masalah pendataan. Ini akan di-simplify segera supaya budget yang disediakan di sana sekitar Rp25 triliun itu harapannya bisa sampai ke kantong masyarakat," ujar Febrio dalam webinar di Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Baca Juga: Ini 5 Fasilitas Pajak Penghasilan, Gajian Full Tanpa Dipotong 

Dia melanjutkan pemanfaatan stimulus PPh 21 ini bisa menjadi uang yang diterima oleh pekerja di kelompok kelas menengah. Adapun yang dibebaskan bayar pajak ini yang pendapatannya di bawah Rp 200 juta per 1 tahun

"Pemerintah harus kerja lebih cepat lagi, skema-skema yang rumit bisa diselesaikan," jelasnya.

Baca Juga: Hore, Gajian Full Tanpa Dipotong Pajak Diperpanjang hingga Akhir Tahun 

Dia menambahkan yang menjadi target insentif PPh 21 terutama adalah kelas menengah. Apalagi selama beberapa bulan ini tak sedikit dari mereka yang sudah dirumahkan.

" Karena banyak pekerja yang dirumahkan jadi kita memberikan insentif pajak agar bisa meringankan beban keuangannya," jelasnya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini