Sering Terkecoh, Begini Cara Bedakan Jeruk Lemon dengan Nipis

Safira Fitri, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2020 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 320 2251525 sering-terkecoh-begini-cara-bedakan-jeruk-lemon-dengan-nipis-EWimUB10KD.jpg Lemon (Foto: Boldsky)

JAKARTA - Lemon dan jeruk nipis merupakan jenis buah-buahan yang termasuk pada golongan citrus. Namun, terkadang masyarakat tidak dapat membedakan, pasalnya kedua buah tersebut memiliki citarasa yang sama.

Di samping itu, kedua buah tersebut sebenarnya memiliki kandungan nutrisi yang sama. Dikutip dari laman Instagram Kementerian Pertanian, Jakarta, Jumat (24/7/2020). Beda jeruk lemon dan jeruk nipis adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Setelah Jamur Enoki dan Benih Sawi Putih Berbakteri, RI Perketat Pengawasan

1. Bentuk dan Warna

Jeruk lemon memiliki bentuk lonjong dan berwarna kuning cerah. Kulit mengkilat dan ketika sudah tua teksturnya menjadi lembek karena mengandung banyak air.

Sedangkan jeruk nipis, memiliki bentuk bulat, berwarna hijau kekuning-kuningan, dan ukurannya jauh lebih kecil.

lemon

2. Aroma dan Rasa

Jeruk lemon memiliki aroma citrus yang tercium lebih kuat, dan memiliki perpaduan rasa asam, sepat dan sedikit manis.

Baca Juga: Mengandung Bakteri, 1,5 Ton Benih Sawi Putih Asal Korsel Dimusnahkan

Sedangkan jeruk nipis, aroma citrusnya tidak setajam jeruk lemon, namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi dari jeruk lemon sampai terasa pahit dan tidak memiliki sensasi rasa manis sedikit pun.

3. Kandungan

Jeruk lemon dan jeruk nipis memiliki kandungan nutrisi yang tak jauh berbeda, yaitu mengandung energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1, natrium, kalium, dan yang pasti vitamin C.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini