Dear Anak Kos-kosan, Yuk Belajar Buka Usaha Sendiri

Safira Fitri, Jurnalis · Sabtu 25 Juli 2020 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 320 2251719 dear-anak-kos-kosan-yuk-belajar-buka-usaha-sendiri-rwjZs54wDa.jpg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Masa pandemi membuat nasib dompet anak perantauan menipis, terutama yang masih berstatus sebagai pelajar. Melihat kondisi tersebut, perencana keuangan Andi Nugroho menghimbau para pelajar aktif tersebut berinisiasi untuk dapat mencukupi kebutuhannya sendiri.

Di samping itu, ia juga memberikan beberapa cara untuk mengelola keuangan bagi para mahasiswa yang jauh tinggal dari orang tuanya. Hendaknya untuk berhemat dan menghindari sifat konsumtif, lalu juga mengurangi kegiatan bepergian keluar turut dianjurkan perencana keuangan tersebut.

Andi mengatakan, bila sudah merasa bosan untuk berada di rumah saja, tahan dulu untuk tetap tidak bepergian keluar. Hal ini, selain untuk memungkinkan terhindar dari virus covid juga dapat mengurangi pengeluaran.

Lalu ia juga menyarankan, mahasiswa seharusnya bisa berinisiatif seperti membuka usaha sampingan, agar bisa mendapat pendapatan tambahan secara mandiri dan tidak melulu harus menunggu kiriman uang sangu dari orang tua mereka.

Baca Selengkapnya: Nasib Anak Kost di Akhir Bulan Coba Buka Usaha, Jangan Hanya Tunggu Transferan Ortu

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini