Manggis Putih Punya Nilai Investasi Tinggi, Buah Para Raja Abad ke-18

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 320 2252787 manggis-putih-punya-nilai-investasi-tinggi-buah-para-raja-abad-ke-18-OgLELWagIz.jpg Manggis Putih (Foto: Tokopedia)

JAKARTA - Buah Manggis umumnya mempunyai warna kulit ungu kehitaman, namun berbeda dengan jenis buah manggis satu ini. Buah manggis dari Nusa Tenggara Barat (NTB) ini justru memiliki warna kulit yang putih.

Buah manggis putih ini konon merupakan varian buah yang menjadi peninggalan raja-raja Bali pada Abad 18 yang saat itu berkuasa di Lombok. Selain itu, buah manggis ini lebih mempunyai keiistimewaan lainnya dan lebih diburu oleh petani dan penghobi.

Baca juga: Terungkap 6 Buah Asli Indonesia, Bisbul hingga Lobi-Lobi

Ukuran dari buah manggis putih ini relatid seragam dari pada jenis buah manggis ungu biasanya. Berat rata-rata buah manggis putih ini yakni 2-2,5 ons.

"Daging buah manggis putih lebih manis daripada manggis ungu. Manggis putih juga lebih tebal dan renyah dengan kandungan air sedikit," tulis keterangan Kementerian Pertanian dalam unggahannya, Jakarta, Senin (27/7/2020).

Baca juga: Lagi Musim Panen Manggis, Perhatikan 3 Ciri Memilih yang Manis

Pohon manggis jenis ini juga merupakan investasi yang dinilai bagus, pasalnya masa produksi per pohon dapat mencapai hingga 25-30 tahun. Pohon dari buah ini juga dapat dikatakan sebagai tanaman investasi.

Harga bibit buah ini relatif tinggi karena lebih banyak diburu oleh banyak pihak. Untuk harga relatif lebih tinggi sekitar Rp35.000-100.000 per pohon. Wujud dari buah ini terlihat putih saat usia muda dan akan berubah keunguan saat usia panen.

"Harganya berkisar Rp25.000-Rp55.000 per kilogram," tulis @kementerianpertanian.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini