4 Syarat Wajib Naik Kereta Api Selama Pandemi Corona

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 320 2253984 4-syarat-wajib-naik-kereta-api-selama-pandemi-corona-wa2ARdevmC.jpg Syarat Naik Kereta Api Selama Pandemi Virus Corona. (Foto: Okezone.com/KAI)

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengingatkan beberapa syarat yang wajib dipenuhi bagi para penumpang yang akan naik kereta api (KA). Ada empat hal wajib sebelum melakukan perjalanan KA.

Pertama, menunjukkan surat bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan). Kini calon penumpang sudah dapat melakukan rapid test di area stasiun yang disediakan PT KAI bekerjasama dengan PT RNI.

Baca Juga: 5 Fakta Mujenih Petugas KRL Temukan Rp500 Juta hingga Hadiah dari Erick Thohir

Atau menunjukan surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter Rumah Sakit/Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR dan/atau Rapid Test.

Kedua, calon penumpang dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius. Demikian dikutip dalam keterangan KAI, Rabu (29/7/2020).

Baca Juga: Jumlah Penumpang Meningkat 20%, KAI Tambah 4 Perjalanan Kereta

Ketiga, menggunakan masker pribadi dan mengenakan pelindung wajah (faceshield) yang disediakan oleh KAI. Penggunaan faceshield dilakukan baik di stasiun dan selama perjalanan KA berlangsung. Untuk pelanggan dengan usia di bawah 3 tahun agar menyediakan sendiri face shield pribadi.

Keempat, mengikuti ketentuan penjagaan jarak fisik selama di stasiun dan didalam rangkaian KA. Sementara itu, calon pengguna juga diimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket. Imbauan juga dilakukan agar calon pengguna selalu rutin membersihkan tangan dengan air dan sabun atau cairan antiseptik. (feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini